10 Cara Investasi Emas Terbaik, Mudah dan Murah.

Forosla.com - Emas adalah alat investasi yang sudah lama digunakan orang. Emas tidak pernah berubah, yang mengubah cara diinvestasikan. Saya akan membahas 10 cara baru berinvestasi emas yang mudah dan murah serta tidak harus membeli emas asli.

Emas telah lama dianggap sebagai alat untuk menyimpan kekayaan karena harganya yang mahal, kemudahan penjualan, dan keamanan yang relatif. Belakangan ini saya melihat tidak hanya ada satu cara untuk berinvestasi emas. Ada beberapa cara.

10 Cara Investasi Emas Terbaik, Mudah dan Murah.


Berbagai cara untuk berinvestasi emas semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat untuk melakukan berbagai hal dengan lebih mudah dan nyaman.

Investasi Emas

Anda harus berinvestasi dalam emas dalam bentuk batangan 24 karat atau logam mulia. Bukan dalam bentuk perhiasan. Perhiasan lebih sulit dijual dan harganya tidak standar. Belum lagi banyaknya potongan saat emas dijadikan perhiasan. Investasi emas dalam bentuk logam mulia 24 karat atau emas batangan. Cara termudah untuk membeli emas dari toko emas dan menyimpannya.

Toko Emas

Anda bisa datang ke pusat perdagangan emas, di Jakarta di Cikini dan Blok M. Setiap kota biasanya memiliki pusat perdagangan emas. Pembelian di pusat emas memiliki keunggulan: (1) relatif aman karena pasar ramai pengunjung dan keamanan sangat ketat; (2) Banyak pilihan, dapat dibandingkan - bandingkan harga.

Galeri Toko 24 Pegadaian

Pegadaian telah meluncurkan toko emas online bernama Galeri24. Anda masuk ke website Gallery 24, pilih jenis emas, dan lakukan pembayaran dengan transfer ke rekening Anda. Cara yang tepat Anda berbelanja di toko online. Galeri24 akan mengirimkan logam mulia yang Anda beli. Jangan khawatir kehilangan karena pengiriman diasuransikan oleh Galeri24 dengan segel khusus.

Cara membeli emas fisik sudah menjadi kebiasaan. Tapi, karena saya yang mengalaminya, saya sering mengalami beberapa masalah:

  • Emas palsu. Anda mungkin belum pernah mendengar tentang ini di masa lalu, tetapi sekarang ada banyak masalah tentang emas palsu, meskipun kita dapat menghindarinya dengan membelinya dari toko emas tepercaya.
  • Anda harus memiliki tempat untuk menyimpan. Saya harus menyimpan emas fisik yang telah saya beli di brankas dan untuk ini saya harus membayar biaya sewa SDB.
  • Risiko pengangkutan emas dari gudang ke tempat penyimpanan. Ada risiko hilang atau dicuri selama penerbangan.
  • Pembayaran tidak dapat dilakukan secara mencicil dan harus dibeli dalam jumlah minimal. Anda harus membayar tunai dan membeli gram minimum tertentu yang sangat mahal. Jadi, menyimpan emas agak rumit di sini.
  • Kehabisan biaya untuk menyimpan emas dengan aman, misalnya menyewa SDB di bank.

Sejumlah masalah yang timbul dari pembelian emas fisik tersebut di atas telah menyebabkan peningkatan penjualan dan ketersediaan emas secara online.

Emas Online

Layanan ini baru ada sekitar 5 tahun, di mana Anda dapat membeli dan menyimpan emas melalui aplikasi online. Disebut menabung karena kamu bisa membeli emas dalam jumlah sedikit, dan setelah mengumpulkan minimal 1 gram, kamu bisa mencetak emas.

Dengan fintech, cara menabung emas secara online lebih aman, mudah, dan terjangkau, dengan keuntungan sebagai berikut:

  1. Jual beli emas menjadi mudah karena dilakukan melalui aplikasi sehingga tidak perlu keluar rumah.
  2. Tidak ada risiko emas palsu karena pencetakan fisik logam mulia dilakukan di tempat-tempat yang memiliki izin resmi seperti Antam dan Pegadaian.
  3. Resiko kehilangan lebih sedikit, emas yang kita beli langsung disimpan di tempat simpanan emas online.
  4. Proses penjualan emas mudah, karena uang hasil penjualan emas ditransfer ke rekening.
  5. Investasi minimum online sangat terjangkau. Investasi yang diterima mulai dari Rp 5.000.
  6. Emas fisik dapat ditebus jika perlu dengan memesan pencetakan emas. Ada biaya tapi terjangkau.

 Di sini Anda dapat membeli dan menyimpan emas secara online.

Tabungan pegadaian

 Pegadaian memiliki "Pegadaian Digital" yang menawarkan produk tabungan emas. Cara kerja Tabungan Emas Albigadian adalah sebagai berikut:

  • Instal aplikasi Digital Pegadaian di ponsel Anda.
  • Mengisi formulir Rekening Tabungan Emas Digital.
  • Kunjungi unit Pegadaian untuk menunjukkan kartu KTP dan menandatangani formulir pembukaan rekening (datang ke kantor hanya sekali untuk membuka rekening).
  • Rekening Tabungan Emas Aktif.
  • Beli emas secara online melalui aplikasi Pegadaian.
  • Emas yang dibeli dicatat di aplikasi Pegadaian.

Anda benar-benar bisa mendapatkan emas yang terdaftar di aplikasi dengan meminta pegadaian untuk mencetak logam mulia, dengan biaya tambahan sesuai ketentuan. Jual emas sangat mudah. Anda memberikan perintah jual di aplikasi, kemudian setelah beberapa waktu uang masuk ke rekening bank Anda. Minimal investasi emas di Pegadaian bisa dimulai dari Rp 5.000.

5) Antam Safe LM

Brankas LM merupakan anak perusahaan Antam yang memiliki misi untuk menjual logam mulia kepada masyarakat melalui aplikasi Brankas online.

Cara kerja brankas ini hampir sama dengan cara kerja Tabungan Emas Pegada, yaitu:

  • Kunjungi kantor cabang LM Brankas di Antam untuk pembukaan rekening.
  • Dapatkan nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses situs.
  • Beli emas dari logam mulia melalui situs web LM Safe.
  • Emas yang terdaftar di akun LM Safe telah diterima.

Sama seperti tabungan emas Pegadaian, brankas memberikan kesempatan kepada nasabah untuk mencetak logam mulia dengan biaya tambahan. Jika Anda ingin menjual emas, cukup lakukan "beli kembali" di situs aman dan uang dari penjualan akan ditransfer ke akun Anda.

Tokopedia

Tokopedia menyediakan layanan jual beli emas dan logam mulia bekerja sama dengan PT Pegadaian. Proses pendaftaran untuk dapat melakukan transaksi emas sangat mudah karena konsumen sudah memiliki akun di Tokopedia, sehingga tidak perlu datang ke kantor.

Nilai pembelian minimum emas adalah 5.000 rupee dan nilai penjualan minimum adalah Rs. 500,-. Layanan ini cocok untuk pemula, milenial, yang ingin mulai menabung emas. Prosesnya jauh dari rumit, intinya kecil. Emas disimpan oleh Pegadaian yang memiliki izin dari OJK, sedangkan Tokopedia hanya platform.

Namun, Tokopedia memiliki persyaratan jika kepemilikan emas di atas 10 gram, konsumen harus datang ke kantor Pegadaian untuk melakukan Know Your Customer (KYC). Selain itu, emas di Tokopedia tampaknya tidak dicetak sebagai logam mulia. Tidak ada penjelasan mengenai proses dan cara mencetak emas tersebut.

GoJek GoInvest

Meskipun Gojek sedikit terlambat, namun juga tidak terlambat untuk menawarkan investasi emas di platformnya yang bernama GoInvestasi, kerjasama dengan Pluang PG Berjangka berlisensi Bappebti. Pemegang rekening Gojek dapat membuka Rekening Tabungan Emas dengan cara membeli melalui GoPay dan menjual emas dimana hasil penjualan akan dikembalikan ke saldo rekening GoPay.

Bagaimana cara menggunakannya:

  1. Pergi ke GoInvest di Gojek.
  2. Pilih apakah Anda ingin menjual emas atau tidak.
  3. Masukkan jumlah dalam rupiah atau emas dan klik "Beli Sekarang" atau "Jual Sekarang".
  4. Lihat halaman pembayaran, verifikasi kebenaran informasi, dan verifikasi dengan GoPay.
  5. Selamat, Anda telah berhasil menginvestasikan uang Anda dalam emas!

Di Gojek Anda bisa mencetak logam mulia emas dengan ukuran mulai dari 1 gram. Tentu ada biaya tambahan untuk pencetakan emas. Emas disimpan oleh Opportunity PG sementara Gojek hanya platform.

Bukalapak OpenEmas

Bukalapak memiliki BukaEmas yang bekerjasama dengan Indogold dan Antam untuk melestarikan emas logam mulia. Cukup buka akun BukaEmas untuk menggunakan akun Bukalapak, tanpa harus registrasi ulang.

Jumlah jual beli emas mulai dari 0,0001 gram ke atas dengan nilai 100 rupee. Salah satu tabungan emas dengan minimum terkecil. Pengguna BukaEmas dapat menarik koin emas untuk dikirim ke alamat mereka jika saldo emas mencapai 1 gram. Pemilik emas harus membayar biaya sertifikasi dan biaya pengiriman.

Keunggulan lainnya adalah fasilitas cicilan pembelian emas, cicilan emas yang berkisar dari 1 gram hingga 100 gram dengan jangka waktu mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan.

Biaya Angsuran Emas adalah:

  • Harga jual atau beli emas secara mencicil bisa berbeda dengan harga jual atau beli emas dalam transaksi normal (tunai).
  • Untuk angsuran pertama akan ditambah jumlah angsuran per bulan dengan uang muka 5% dari total angsuran dan biaya administrasi sebesar Rp 50.000.

Indogold

Indogold adalah pialang berjangka yang menyediakan jasa (1) Tabungan Paket Emas, (2) Premi Emas dan (3) KPR Emas. Indogold membolehkan pembelian emas mulai dari 500 rupiah, - salah satu cara untuk membeli emas dalam jumlah terkecil.

Angsuran Emas memungkinkan Anda untuk mematok harga emas dan membelinya secara mencicil dengan jangka waktu pengembalian yang fleksibel hingga 36 bulan. Gadai Emas memungkinkan Anda mendapatkan bayaran dalam bentuk emas tanpa harus menjual dan kehilangan kepemilikan atas emas Anda.

Apakah ada emas?

Saya pernah bertanya apakah emas yang kita beli melalui tabungan emas online itu mengandung emas asli atau hanya rekor. Anda mungkin memiliki pertanyaan yang sama. Saya telah memeriksa semua layanan emas online di atas untuk emas fisik tetapi disimpan dengan mitra mereka, yang memiliki izin untuk menyimpan emas.

Perbedaan harga emas

Salah satu risiko harga emas adalah melebarnya harga jual dan harga beli emas. Karena dengan spread yang luas berarti akan mengurangi potensi keuntungan dari jual beli emas. Idealnya, Anda mencari spread terkecil.

Selama ini saya percaya bahwa membeli emas harus fisik. Beli emas batangan, bawa pulang dan simpan. Namun, ternyata kamu tidak harus memiliki emas fisik untuk bisa memanfaatkan alat ini. Mengapa kita membeli emas? Mengharapkan keuntungan dari kenaikan atau perubahan harga emas. Jadi, harga emas adalah patokan kita. Bukan emas fisik.

Jika demikian, kita membutuhkan instrumen keuangan yang nilainya mengikuti harga emas. Jadi ketika harga emas naik, nilai instrumen itu juga naik dan sebaliknya. Di pasaran, saat ini, alat sudah tersedia untuknya.

Emas Berjangka (Gold Futures)

Tidak seperti membeli emas fisik di toko atau melalui tabungan online, dalam perdagangan berjangka Anda membeli di pasar spot dimana jika harganya naik Anda mendapat untung dan jika harganya turun Anda rugi. Tidak ada pertukaran komoditas dalam perdagangan berjangka. Anda membeli dan menjual janji.

  • Jika Anda menempatkan posisi beli, karena prediksi harga emas akan naik, kemudian ketika harga emas naik, Anda menjual, dan pihak lain membayar selisih harga kepada Anda.
  • Jika Anda menempatkan posisi jual, karena harga emas yang diharapkan akan turun, dan ketika harga emas turun, Anda membeli, dan counterparty membayar selisih penurunan harga.

Anda tidak perlu khawatir tentang penimbunan, dan Anda tidak perlu takut kehilangan emas dalam jenis transaksi berjangka ini. Keuntungan lain adalah bahwa ada leverage dalam transaksi forward yaitu dengan modal hanya Rs 10 crore membuat transaksi senilai Rs 1 crore. Di mana sisanya, Anda berutang. 

Leverage adalah hutang.

Dengan besarnya nilai transaksi yang dapat Anda lakukan (dengan modal kecil), pergerakan harga sekecil apa pun tidak hanya dapat mendatangkan keuntungan, tetapi juga kerugian.

Pengembalian risiko tinggi.

Anda dapat memperdagangkan kontrak berjangka emas dengan broker forex asing lokal Indonesia atau internasional dengan lisensi global.

Pastikan broker lokal Anda memiliki lisensi Bappebti dan bukan broker forward tertutup.Untuk broker internasional, periksa lisensi apa yang mereka miliki dari negara mana. Dan sejauh yang saya tahu, lisensi broker dari FCA UK adalah salah satu yang terbaik dan paling ketat.

ETF Emas

ETF adalah "dana yang diperdagangkan di bursa", yang artinya adalah dana yang dijual di bursa. Untuk berinvestasi di ETF, Anda harus berdagang di bursa saham dan untuk itu Anda harus membuka rekening di pialang saham.

Sayangnya, meskipun ETF diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, tidak ada ETF yang mengacu pada emas. Anda dapat membeli dana yang diperdagangkan di bursa emas di AS. Nilai ETF ini melacak naik turunnya harga emas global.

Jadi, membeli ETF emas sendiri sama saja dengan berinvestasi komoditas emas, tidak perlu memiliki emas yang sebenarnya. Namun, tidak seperti emas berjangka, yang mendapatkan leverage, di ETF Anda tidak dapat memanfaatkannya. Anda membeli dengan uang Anda sendiri, 1:1, Anda membeli $500, maka Anda seharusnya memiliki $500.

 Tidak ada hutang di ETF.

Karena tidak ada utang, ETF memiliki risiko yang relatif rendah. Untuk dapat berinvestasi di ETF, Anda harus membuka akun dengan broker internasional yang dapat berdagang di pasar AS, sehingga Anda memiliki akses ke pasar ETF terbesar dan terlengkap di dunia. Investasi minimum dalam ETF emas tidak terlalu besar, cukup mulai dari $500.

Tips berinvestasi emas

Beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

  1. Pilih metode investasi emas yang paling sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda. Belajarlah dengan baik sebelum mengambil keputusan.
  2. Berinvestasi dalam logam mulia. Bukan dalam bentuk perhiasan.
  3. Mulailah segera, dan jangan menunggu uang, karena berinvestasi sekarang bisa dimulai dari Rp 5.000.
  4. Emas cocok untuk investasi jangka pendek dan menengah karena risikonya relatif rendah, sangat likuid dan mudah dijual.
  5. Menyimpan emas secara online adalah cara termudah untuk berinvestasi emas. Daftar online dapat berada di platform yang berbeda dengan investasi minimal dan terjangkau.

© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain