Jenis Penipuan Kripto dan Tips Menghindarinya

Kripto adalah investasi yang berkembang pesat. Untung bisa lumayan besar, mencapai ratusan persen. Namun, penipuan kripto tidak sedikit.

Forosla.com - Kripto adalah investasi yang berkembang pesat. Untung bisa lumayan besar, mencapai ratusan persen. Namun, penipuan kripto tidak sedikit.

Cara mengenali penipuan kripto dan cara menghindarinya. kami akan Membahas

Jenis Penipuan Kripto dan Tips Menghindarinya


Jenis penipuan kripto adalah exit scam, rug pull, dan hacked, dan kripto tidak dapat ditarik dari platform. Cara mengatasi penipuan kripto adalah dengan memeriksa use case, mempelajari whitepaper dan ekosistem, dan memeriksa latar belakang pendiri, pengembang.

Di dunia kripto, risiko yang dihadapi investor tidak hanya terkait dengan fluktuasi harga coin, tetapi juga risiko penipuan atau scam.

Sampai saat ini, banyak investor pemula hanya fokus pada fluktuasi harga, tetapi tidak memperhatikan risiko penipuan yang melekat.

Penipuan bisa menimbulkan kerugian puluhan bahkan ratusan miliar.

Jenis Penipuan Kripto

Ada berbagai jenis penipuan kripto, yaitu:

Exit Scam

Exit Scam adalah penipuan yang dilakukan oleh pengembang proyek kripto. Penipuan ini terjadi ketika pengembang mengambil uang investor dari hasil Initial Coin Offering (ICO).

Biasanya modus yang digunakan adalah bagi pengembang untuk meluncurkan aset kripto baru dan menghadirkan konsep yang menjanjikan kepada investor.

Setelah proses ICO, pengembang akan mengumpulkan uang investor dan kemudian menghilang tanpa jejak saat mengambil uang investor.

Rug Pull

Rug Pull adalah scam atau penipuan oleh jaringan decentralized finance (defi)

Pengembang akan membuat token kripto dan mencantumkan asal kripto di Defi. Untuk mengonfirmasi, pengembang akan memasangkan koin baru dengan koin lama dan terkenal, seperti Ethereum (ETH).

Setelah beberapa investor menukar ETH dengan token yang baru terdaftar, pengembang menarik semua likuiditas dan mendorong harga koin ke nol.

Menariknya, pengembang telah membuat promosi yang menipu di dalam komunitas Telegram, Twitter, dan platform media sosial lainnya. Pada saat yang sama, pengembang juga menyuntikkan dana untuk meningkatkan likuiditas guna meningkatkan kepercayaan investor.

Alasan mengapa proyek Rug Pull muncul di platform DEX adalah karena daftar koin di DEX gratis, mudah, dan tanpa audit. Kontrol DEX tidak seketat di CEX - pertukaran pusat.

Rug pull biasanya ditandai dengan kenaikan harga token yang signifikan dalam waktu singkat, hanya beberapa jam, karena harga naik dari nol menjadi 50 kali lipat dalam waktu kurang dari 24 jam.

Penipuan ini bertujuan untuk mendorong FOMO yang mengarahkan lebih banyak orang untuk berinvestasi dalam kode palsu.

Squid Game (SQUID) adalah salah satu kripto yang telah mengalami kenaikan harga yang besar hanya dalam beberapa hari.

Pengakuan ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat terhadap film Squid Game yang juga menjadi inspirasi pembuatan token SQUID.

Koin ini melonjak 83,533% hanya dalam 11 hari dan terus melonjak lebih dari 10.000% hanya dalam empat jam.

Sayangnya, setelah kenaikan seperti itu, harga SQUID turun hingga mencapai hampir $0 atau tidak ada nilainya.

Banyak orang mengalami kerugian berinvestasi dalam mata uang kripto SQUID.

Hacking Sistem Kripto

Pencurian kripto terbesar terjadi di MT Gox. Ini adalah peretasan pertukaran skala besar pertama dan tetap menjadi perampokan bitcoin terbesar dari bursa.

Selama bertahun-tahun, peretas telah mencuri 100.000 Bitcoin dari bursa dan 750.000 Bitcoin dari klien pertukaran. Pada saat itu, Bitcoin masih bernilai $ 470 juta, Anda dapat menebak seberapa kaya peretas hari ini.

MT Gox dilikuidasi tak lama setelah peretasan, dengan likuidator memulihkan sekitar 200.000 bitcoin yang dicuri.

Kasus lain terjadi di walletBitmart. Hampir $200 juta dicuri dalam peretasan hot wallet Bitmart pada Desember 2021.

Awalnya, $ 100 juta diidentifikasi sebagai dicuri melalui blockchain Ethereum, tetapi penyelidikan lebih lanjut mengungkapkan bahwa $ 96 juta lainnya dicuri melalui blockchain Binance Smart Chain.

Pada Desember 2021, seorang peretas berhasil mencuri dana dari berbagai dompet kripto di platform DeFi, BadgerDAO.

Investigasi masih berlangsung tetapi masalah ini diyakini muncul setelah skrip berbahaya diperkenalkan ke antarmuka pengguna situs pada awal November.

Saat skrip aktif, transaksi pengguna dapat dicegat. Dalam satu kasus, penyerang menyita 896 bitcoin senilai sekitar $50 juta.

Kripto Tidak Dapat Ditarik Dari Platform

Pada Juni 2022, platform pinjaman Celsius mengumumkan bahwa investor tidak dapat menarik atau menjual aset kripto di platform Celsius.

Bisa dibayangkan kalau kita menitipkan uang di bank, kemudian pihak bank mengumumkan bahwa uang tersebut tidak bisa ditarik sampai waktu yang tidak jelas. Inilah yang terjadi dalam Celcius, tetapi dalam bentuk aset kripto.

Dalam sistem perbankan, ini sangat kecil karena bank sentral dan pemerintah harus turun tangan untuk melindungi kepentingan nasabah. Lagi pula, pemerintah pasti berusaha membuat pelanggan menarik uang mereka.

Dalam kripto, karena industri ini masih baru dan terdesentralisasi, tidak ada campur tangan pemerintah atau peraturan, risiko sepenuhnya ada di tangan investor itu sendiri.

Tips Menghindari Penipuan Kripto

Karena industri kripto masih baru dan terdesentralisasi karena peran regulator berkurang, investor harus sangat berhati-hati. Tidak ada jaring pengaman dari regulator, seperti bank sentral, Securities and Exchange Commission, yang akan melindungi atau menyelamatkan jika terjadi penipuan kripto.

Hal-hal yang dapat dilakukan investor kripto untuk menghindari penipuan adalah:

Pelajari Use Case Proyek, menarik atau tidak

Apa tujuan dari proyek tersebut? Masalah apa yang coba dipecahkan oleh proyek kripto?

kripto yang akan dibeli investor memerlukan analisis use case, ekosistem, dan keunggulan dibandingkan proyek kripto lainnya. Mengapa proyek ini bagus dan bermanfaat sehingga koin itu layak dibeli.

Misalnya, Bitcoin adalah kripto generasi pertama, yang hanya dapat digunakan sebagai emas digital atau sebagai penyimpan nilai. Kasus penggunaan Bitcoin masih relatif terbatas.

Ethereum adalah kripto generasi kedua, yang berupaya meningkatkan dan menambah nilai pada teknologi Blockchain, dengan menawarkan kontrak pintar. Kontrak pintar memungkinkan berbagai kasus penggunaan kripto, seperti keuangan terdesentralisasi, NFT, dan permainan.

Cardano adalah proyek kripto generasi ketiga, yang diharapkan lebih baik daripada Bitcoin dan Ethereum, dengan menawarkan teknologi kontrak pintar yang lebih cepat, lebih murah, dan lebih hemat energi.

Kecepatan, biaya transaksi, dan konsumsi daya adalah faktor yang selalu menjadi dasar untuk mengevaluasi proyek kripto. kripto blockchain akan menjadi yang tercepat, termurah dan paling hemat energi, itu yang akan unggul 

Informasi tentang proyek kripto dapat ditemukan di YouTube atau forum Reddit. Hampir selalu ada YouTuber atau forum reddit yang membahas proyek kripto.

Namun, selain youtube dan reddit, ada sumber informasi lain yang tidak kalah penting, yaitu asli dari pengembang yang membangun proyek tersebut, yaitu dokumen Whitepaper.

Apa Whitepaper?

Periksa Whitepaper Proyek

Investor perlu membaca Whitepaper untuk setiap proyek kripto. Ini adalah dokumen penting.

Whitepaper dianggap sebagai prokpektus jika di saham. Isinya menjelaskan alasan proyek, masalah yang dipecahkan, dan solusi yang ditawarkan.

Dari Whitepaper, investor dapat menilai apakah ini proyek serius, menawarkan teknologi inovatif dan prospek masa depan.

Investor dapat membandingkan isi white paper dengan white paper proyek lain yang telah berhasil. Kita bisa melihat dan membandingkan kedalaman Whitepaper.

Dokumen Whitepaper tersedia di situs web Proyek Crypto. Itu dapat diakses secara gratis.

Masalahnya, sebenarnya tidak mudah untuk membaca dan memahami isi white paper. Isinya sangat teknis, terutama yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komputer.

Cek Founder, Developer, Investor 

Penting untuk mengetahui siapa pendiri proyek ini. Man Behind the gun sangat mempengaruhi keberhasilan proyek.

Kami dapat memeriksa pengalaman dan resume Founder di LinkedIn. Sudah berapa lama Anda berkecimpung di industri kripto, apa pengalaman kerja Anda, lulusan sekolah apa dan apa rekam jejak Anda.

Selanjutnya, selain founder, kita perlu melihat developer. Pengalaman dan ukuran tim menunjukkan keseriusan proyek ini.

Proyek yang tidak serius biasanya dapat ditemukan dari founder dan developer. Misalnya, ada insiden di mana foto-foto founder dan developer yang diposting di situs diambil dari foto orang lain.

Membangun bisnis crypto untuk menjadi sukses membutuhkan sedikit uang. Membutuhkan dukungan pendanaan yang kuat dan berkelanjutan untuk membangun tim dan teknologi yang kuat.

Oleh karena itu, kita perlu mencari tahu siapa investor utama di balik proyek tersebut. Investor yang memiliki pengalaman luas dalam mengembangkan proyek kripto tentu saja menjadi keuntungan tambahan.

Bagaimana Ekosistem Kripto

Kemajuan aset kripto ditentukan oleh berkembang atau tidaknya ekosistem kripto. Karena semakin banyak pengembang membangun aplikasi di atas aset kripto, ekosistem akan berkembang.

Ekosistem yang baik akan mendorong adopsi aset kripto secara luas, yang pada gilirannya akan meningkatkan permintaan aset kripto tersebut. Jelas, harga secara alami akan naik jika permintaan untuk adopsi meningkat.

Oleh karena itu, investor harus menganalisis ekosistem. Triknya adalah:

  • Cari tahu berapa banyak developer yang terlibat dalam pengembangan proyek
  • Berapa banyak yang diinvestasikan dalam proyek?
  • Bagaimana proyek baru dikembangkan dalam ekosistem.

Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi portofolio adalah langkah yang harus diambil. Ini telah menjadi standar di mana Anda tidak boleh menaruh semua uang Anda dalam satu instrumen, terutama yang melibatkan risiko yang sangat tinggi.

Bitcoin sangat menarik sebagai alat investasi. Pengembalian tinggi, likuiditas tinggi, mudah diperdagangkan dan sangat populer.

Namun, risikonya juga tinggi. Fluktuasi harga Bitcoin bisa sangat ekstrim.

Peringatan kami adalah untuk tidak memasukkan semua uang ke dalam Bitcoin. Taruh sebanyak yang kita bisa kehilangan.

Dengan kata lain, masukkan "uang dingin" ke dalam Bitcoin. Bersiaplah untuk kehilangan uang itu.

Diversifikasi Exchange

Jual beli aset kripto tidak di satu exchange, tapi di beberapa exchange untuk memastikan jika ada masalah, masih ada yang lain.

Apalagi saat kripto disimpan di wallet exchange. Kita harus benar-benar memastikan sistem keamanan wallet exchange.

Jumlah exchange yang dibebaskan mengingatkan kita bahwa meskipun ada banyak langkah untuk menjaga exchange aman dari serangan peretas, masih ada pencurian.

Daftar exchange yang kebobolan tidak ada habisnya, dari 2011 hingga 2020, selalu ada kejadian 

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menempatkan investasi kripto di beberapa exchange. Tidak terikat pada satu exchange saja.

Salah satu cara untuk memilih exchange adalah dengan melihat peringkat bursa dari situs web coinmarketcap. Semakin tinggi peringkat, semakin tinggi aktivitas pertukaran dan potensi arus kas yang baik, sehingga jika terjadi masalah, mereka memiliki cukup modal untuk mengatasi masalah seperti peretasan.

Memahami DYOR

Mantra di dunia kripto adalah DYOR - Do Your Own Reserch. Lakukan penelitian Anda sendiri.

Kita diminta untuk memahami dan mempelajari kripto dengan baik, terutama tentang cara kerjanya dan risiko yang mungkin timbul. Dengan memahaminya dengan baik, kita bisa mengukur apakah alat ini cocok atau tidak dengan kesediaan kita mengambil risiko.

Karena kripto ini adalah jenis aset baru. Banyak hal, kita tidak tahu dan perlu belajar untuk memahaminya dengan baik.

Selain itu, sifat aset kripto yang terdesentralisasi membuatnya mudah dibuat oleh pihak mana pun. Berbeda misalnya dengan aset yang tersentralisasi, di mana ada pihak yang memiliki kuasa, mengeluarkan dan memantau pelarian aset tersebut.

Oleh karena itu, kemungkinan penipuan kripto sangat tinggi. Ini seperti Wild West di Amerika.

Tanpa riset yang kuat, itu menjadi mudah untuk berayun, dan berayun, ketika harga berubah-ubah. Akibatnya, membeli aset kripto di waktu yang salah dan menjual aset kripto saat panik.

Jika Anda memiliki keyakinan yang kuat, lahir dari DYOR, fluktuasi harga kripto tidak akan mempengaruhi keputusan investasi. Padahal, saat harga turun, kita justru membeli lebih banyak karena kita tahu aset itu layak untuk dikoleksi.

Pilih Exchange yang Terdaftar Resmi di Bappebti

Menggunakan Exchange yang sudah memiliki merek terdaftar Bappebti. Jelas bahwa perusahaan yang terdaftar adalah perusahaan yang memiliki modal yang cukup dan telah dipilih dengan cermat.

Faktanya, ada beberapa Exchange bitcoin terbesar di dunia yang tidak terdaftar di Bappebti. Dimungkinkan untuk memilih exchange asing ini, tetapi Anda harus memastikan bahwa mereka memiliki izin peraturan yang jelas.


© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain