Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kredit Investasi

Dalam membangun sebuah perusahaan atau perusahaan, modal sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis. Namun, tidak semua pengusaha memiliki modal y

Forosla.com - Dalam membangun sebuah perusahaan atau perusahaan, modal sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis. Namun, tidak semua pengusaha memiliki modal yang cukup untuk membangun perusahaan, sehingga diperlukan pinjaman uang dari pihak lain, seperti investor atau bank.

Salah satu alternatif pembiayaan usaha yang biasa digunakan oleh para pengusaha adalah kredit perbankan, misalnya kredit investasi. Kredit investasi merupakan program pembiayaan yang biasanya difasilitasi oleh banyak bank di Indonesia bagi para pengusaha yang ingin mengembangkan usahanya.

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Kredit Investasi


Jika Anda juga salah satu orang yang ingin membuka usaha dan membutuhkan modal untuk mewujudkannya, Anda juga bisa menawarkan kredit investasi sebagai pilihan.

Namun, sebelum menghitung jumlah kredit investasi yang diperlukan dan menyerahkannya ke bank, pelajari dulu apa itu kredit investasi, fungsi dan contohnya. Dengan cara ini, Anda dapat mengajukan dan memperoleh pembiayaan secara efektif dan efisien.

Pengertian Kredit Investasi

Pada dasarnya, kredit investasi adalah pinjaman yang diberikan bank kepada nasabah yang ingin mengembangkan usahanya. Jenis kredit ini biasanya berlangsung untuk jangka menengah hingga panjang, tergantung kesepakatan yang dicapai kedua belah pihak.

Jangka waktu pengembalian pinjaman ini disebut dengan istilah. Setiap bank biasanya menawarkan jangka waktu yang berbeda-beda, tergantung dari kemauan peminjam serta besarnya pinjaman. Beberapa menawarkan jangka waktu 10 atau bahkan 20 tahun.

Jika peminjam tidak dapat mengembalikan pinjaman sesuai dengan kesepakatan, akan diterapkan masa tenggang pembayaran, yang biasanya berlangsung selama 4 tahun.

Kredit investasi adalah pinjaman yang bisa didapatkan oleh siapa saja, baik itu usaha kecil, kecil, menengah maupun besar. Pengusaha biasanya menggunakan kredit investasi untuk membeli aset yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya, pembelian properti atau peralatan produksi untuk keperluan bisnis.

Fungsi Kredit Investasi

Jika Anda adalah perwakilan bisnis yang ingin mengembangkan usaha kecil atau kecil, Anda dapat menggunakan fasilitas yang disebut micro-investment trust. Kredit investasi mikro adalah pembiayaan yang ditujukan bagi usaha kecil untuk mengembangkan usahanya.

Bank biasanya menawarkan program tersebut kepada pelaku usaha yang tidak mampu membuka usaha yang kompleks. Dengan pembiayaan ini, masyarakat yang ingin membuka usaha kecil-kecilan tetap bisa mendapatkan pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhannya dengan cara mencicil.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa fungsi kredit investasi adalah sebagai sarana untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia yang ingin membangun usaha atau usaha baru dan memperoleh modal dengan lebih mudah.

Siapapun yang bekerja sebagai perwakilan komersial bisa mendapatkan dana untuk membuka usaha baru, mengembangkan usaha yang sudah ada, atau meningkatkan status usaha yang sudah ada agar lebih berkembang.

Hal ini merupakan salah satu upaya perbankan di Indonesia untuk memberikan kemudahan akses keuangan dan sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan jumlah usaha kecil dan menengah di Indonesia. Pendanaan ini diharapkan dapat mendorong sistem perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan penerimaan negara.

Karakteristik Kredit Investasi

Secara umum, ada banyak program pembiayaan yang ditawarkan oleh bank. Oleh karena itu, bagi yang ingin mengajukan pinjaman perlu mengetahui ciri-ciri kredit investasi agar mudah untuk mengidentifikasinya. Apa saja ciri-cirinya? Cek penjelasan berikut.

1. Termasuk Program Pemerintah

Kredit investasi merupakan pinjaman alternatif kepada pelaku usaha atau pengusaha yang disesuaikan dengan program pemerintah. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kuantitas dan kualitas usaha kecil agar dapat terus berkembang.

2. Mendapat Pengawasan dari Bank Indonesia

Karena terintegrasi dengan program pemerintah dan pembiayaan yang diberikan juga untuk memenuhi kebutuhan investasi seluruh pelaku usaha, maka proses kredit investasi harus diawasi langsung oleh Bank Indonesia. Dengan demikian, nasabah dapat mengajukan pinjaman dengan aman.

3. Bersifat Produktif

Sesuai dengan tujuannya untuk memenuhi kebutuhan badan usaha atau perusahaan negara, kredit investasi ini dilakukan secara produktif. Artinya pinjaman kepada kreditur harus digunakan untuk meningkatkan produktivitas usaha atau perusahaan.

Contoh Kredit Investasi

Ada banyak contoh kredit investasi yang bisa dijadikan pedoman dalam mengajukan pinjaman. Contoh kredit investasi adalah beberapa jenis pinjaman yang biasanya ditawarkan sebagai berikut.

1. Pembelian Aset Bisnis Baru

Kredit investasi dapat digunakan untuk membeli aset yang dibutuhkan perusahaan. Harta yang dimaksud antara lain tempat yang layak untuk digunakan sebagai tempat usaha. Anda dapat mengajukan pinjaman untuk membeli atau menyewa aset.

2. Renovasi Tempat Kerja

Jika Anda sudah memiliki usaha atau bisnis yang baru memulai dan membutuhkan tempat kerja yang lebih kaya, kredit investasi adalah salah satu solusi yang bisa Anda manfaatkan. Selain membeli tempat kerja, Anda juga bisa merenovasi tempat kerja agar perusahaan lebih nyaman dalam menjalankan aktivitas bisnis.

3. Membeli Mesin Usaha

Peralatan yang biasa digunakan untuk produksi biasanya membutuhkan perawatan atau perawatan yang baik agar fungsinya tidak cepat rusak. Jika Anda membutuhkan dana untuk perawatan atau bahkan pembelian mesin bisnis baru, Anda dapat memanfaatkan pinjaman ini untuk membeli mesin tersebut.

4. Membangun Pabrik Baru

Dengan mendirikan pabrik atau cabang usaha baru di tempat lain, perusahaan akan lebih produktif. Namun, hal ini tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit sehingga Anda bisa menggunakan fasilitas kredit investasi untuk melakukannya.

Cara Menghitung Kebutuhan Kredit Investasi

Sebelum mengajukan pinjaman atau kredit investasi, Anda harus terlebih dahulu menghitung perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk keperluan bisnis. Dengan cara ini, Anda tidak akan membuang-buang uang yang Anda pinjam untuk hal-hal yang tidak perlu.

1. Menetapkan Tujuan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mengajukan kredit investasi adalah menentukan dengan jelas tujuan pinjaman atau pembiayaan tersebut. Jika Anda tidak memiliki tujuan yang jelas, akan sulit bagi pihak bank untuk mengabulkan permohonan pinjaman Anda.

2. Studi Kelayakan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melakukan studi kelayakan, yaitu menghitung berapa banyak yang dapat Anda bayarkan untuk membayar premi. Hal ini penting agar cicilan Anda ke bank berjalan lancar hingga pinjaman lunas.

3. Ketahui Batas Kredit Anda

Selain menetapkan tujuan dan mengukur kelayakan secara jelas, Anda juga perlu mengetahui nominal limit kredit yang ditetapkan oleh bank. Jika biaya yang akan Anda pinjam melebihi limit yang diberikan oleh bank, Anda perlu menghitung biaya kebutuhan kredit investasi agar sesuai dengan limit tersebut.

4. Bandingkan Dengan Bank Lain

Hindari mengambil keputusan untuk mengajukan pinjaman hanya dari satu bank. Pelajari tentang proses dan fasilitas pinjaman dari berbagai bank sehingga Anda bisa mendapatkan dana dan fasilitas pinjaman yang optimal untuk memastikan kelancaran bisnis Anda.

5. Mekanisme Pembayaran

Sebelum melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan, pastikan Anda memahami mekanisme pembayaran yang akan dilakukan nantinya. Hal ini sangat penting untuk diketahui agar proses cicilan tidak menyimpang dari rencana pinjaman atau pelunasan yang telah dibuat sebelumnya.

6. Risiko

Selain melihat aspek nominal pinjaman dan keuntungan yang ditawarkan bank, juga mempelajari potensi risiko yang mungkin timbul selama dan setelah pelaksanaan proses aplikasi pinjaman. Hal ini diperlukan agar Anda terhindar dari berbagai risiko kerugian dan dapat mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu kredit investasi, fungsi, ciri-ciri dan contohnya. Pada dasarnya kredit investasi merupakan program pembiayaan yang tidak hanya membantu pengusaha dalam mengembangkan usahanya, tetapi juga negara dalam meningkatkan sistem perekonomian.

© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain