10 Jenis Mata Uang Kripto Terpopuler

Alasan mengapa investasi ini disukai banyak orang adalah karena dapat dilakukan dengan mudah dan potensi keuntungan yang tinggi. Tidak hanya itu, jeni

Forosla.com - Alasan mengapa investasi ini disukai banyak orang adalah karena dapat dilakukan dengan mudah dan potensi keuntungan yang tinggi. Tidak hanya itu, jenis cryptocurrency yang ada di pasaran juga sangat beragam.

Berbicara tentang jenisnya, kalian juga harus tahu apa saja yang bisa dibeli di pasaran saat ini. Jadi, inilah informasi yang kalian butuhkan untuk mulai berinvestasi dalam cryptocurrency.

10 Jenis Mata Uang Kripto Terpopuler


Pelajari Tentang Jenis Mata Uang Kripto

Cryptocurrency adalah mata uang virtual yang diperdagangkan secara digital. Mata uang digital ini tidak dapat dipalsukan karena kriptografi. Seperti halnya mata uang nyata, cryptocurrency juga dapat diperdagangkan.

Beberapa negara bahkan mengizinkan transaksi jual beli menggunakan satu jenis cryptocurrency. Salah satu contohnya adalah pembelian NonFungible Token (NFT) di pasar online.

Namun, pemerintah Indonesia tidak mengizinkan transaksi jual beli menggunakan mata uang ini. Beberapa pihak juga melarang penggunaan dana kripto dalam pembelian dan penjualan barang. Namun, kalian masih dapat menggunakan cryptocurrency sebagai alat investasi.

Tak heran jika sejumlah cryptocurrency menjadi primadona bagi investor belakangan ini. Jadi, apakah kalian cukup tertarik untuk mulai berinvestasi di cryptocurrency?

Keuntungan Investasi Kripto

Banyak permintaan untuk cryptocurrency karena mereka memberikan banyak manfaat bagi investor. Simak uraian manfaat yang bisa kalian dapatkan saat berinvestasi di mata uang kripto.

1. Menjanjikan High Return

Hampir semua cryptocurrency menjanjikan pengembalian yang sangat tinggi. Pada tahun 2020, harga Bitcoin meningkat sebesar 354% dalam waktu singkat. Upgrade ini mengungguli semua alat investasi lainnya sama sekali. Namun, fenomena ini tidak akan sering terjadi, ya.

2. Universal dan Tanpa Syarat

Cryptocurrency bersifat global karena seluruh dunia tahu mata uang ini. kalian dapat menggunakannya dengan lebih mudah. Untuk membeli atau menjadi pemilik, kalian dapat menggunakan nama samaran tanpa harus menyertakan data pribadi.

3. Pembelian yang Cepat dan Mudah

Untuk ini, cryptocurrency tidak dapat dibandingkan dengan aset investasi lainnya. Anda dapat membeli setiap jenis mata uang digital dalam hitungan menit. Ini berbeda dengan membeli saham dan reksa dana yang prosesnya lebih lama.

4. Transparansi Dalam Proses Jual Beli

Setiap pemilik cryptocurrency dapat melihat transaksi yang dilakukan. Namun, kalian masih tidak tahu siapa yang membeli cryptocurrency kalian saat kalian menjualnya. kalian hanya akan diberikan nomor tanpa identitas.

5. Cryptocurrency Aman dan Legal

Memiliki dan berinvestasi dalam cryptocurrency sudah memiliki kepastian hukum. Oleh karena itu, kalian diperbolehkan untuk membeli dan menjual cryptocurrency ini. Beberapa negara dapat menggunakan mata uang ini untuk membeli dan menjual di e-commerce.

Baca Juga : Info Lengkah Mengenal Apa Itu NFT? 

Jenis Kripto Yang Populer

Nah, bagi yang ingin mulai berinvestasi, pelajari tentang jenis cryptocurrency populer di bawah ini.

1. Bitcoin

Koin ini adalah yang paling populer di dunia. Pasalnya, Bitcoin merupakan cryptocurrency pertama yang muncul pada tahun 2009. Bitcoin diperkenalkan melalui akun bernama Satoshi Nakamoto.

Hanya dalam 10 tahun, jumlah bitcoin yang beredar di dunia telah mencapai 18 juta. Pada 2022, sudah ada lebih dari 221 juta token Bitcoin yang beredar. Nilai totalnya sekarang sekitar $ 1,1 triliun.

2. Ethereum

Cryptocurrency terpopuler kedua adalah Ethereum. Mata uang ini sering digunakan untuk membuat atau membeli NFT. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak investor cryptocurrency memiliki Ethereum dalam jumlah besar.

Namun, kapitalisasi pasarnya tidak melebihi $500 miliar atau setengah dari nilai Bitcoin. Namun banyak pendapat yang mengatakan bahwa cryptocurrency ini dapat terus berkembang pesat setelah Bitcoin.

3. Binance Coin

Cryptocurrency ini dikembangkan oleh binance yang mengoperasikan bisnis pertukaran cryptocurrency. Binance Coin juga merupakan salah satu koin yang sangat populer di kalangan investor.

Nilai pasar koin ini mencapai lebih dari 96 miliar dolar. Binance Coin sering digunakan untuk membayar biaya transaksi dengan tarif yang lebih rendah. Mata uang ini juga dapat diperdagangkan dengan cryptocurrency lainnya, seperti Bitcoin dan Ethereum.

4. Tether

Bisa dibilang koin ini adalah mata uang kripto dolar atau mata uang yang sering menjadi acuan yang nilainya harus dijaga. Ini membuat Tether menjadi cryptocurrency populer seperti Bitcoin dan Ethereum.

Nilai pasarnya mencapai $73 miliar. Nilai Tether juga terbilang stabil, bahkan mengungguli cryptocurrency lainnya. Untuk alasan ini, banyak orang merekomendasikan Tether untuk pemula crypto.

5. Solana

Cryptocurrency ini diluncurkan pada tahun 2019, tetapi telah menjadi incaran banyak investor baru-baru ini. Nilai modalnya adalah $65 miliar.

Awalnya mata uang ini dibuat untuk solusi keuangan terdesentralisasi (DeFi). Solana digunakan untuk pembayaran, layanan pinjaman P2P, stablecoin, dan banyak lagi.

6. Litecoin

Mirip dengan Solana, Litecoin juga digunakan untuk membuat blok baru dengan kecepatan lebih tinggi. Pemilik dapat menggunakan mata uang ini untuk melakukan transaksi tanpa memerlukan sistem yang kuat.

7. Polygon

Koin ini juga ada untuk melawan blockchain Ethereum yang sudah dimiliki oleh banyak orang. Dengan kata lain, Polygon adalah salah satu opsi cryptocurrency terbaik untuk digunakan sebagai aset investasi.

8. Cardano

Cardano juga dibuat oleh para pendiri Ethereum. Bedanya, koin ini menggunakan kontrak pintar yang membuat identitas pemiliknya diketahui pembuatnya. Kapitalisasi Cardano saat ini adalah $42 miliar.

9. XRP

Koin ini ada pada tahun 2012 dengan nama Ripple yang akhirnya berubah nama menjadi XRP. XPR Coin menawarkan metode pembayaran untuk menukar mata uang riil. Nilai modalnya adalah $39 miliar.

10. Tera

Cryptocurrency ini mendukung berbagai stablecoin berdasarkan mata uang nyata, seperti dolar dan euro. Adapun kontrak pintar untuk pemilik. Terra coin memiliki kapitalisasi pasar 24 miliar.

© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain