Cara Mudah Mencapai Financial Freedom di Usia Muda

Saat ini, banyak orang menyadari pentingnya Financial Fredoom. Tidak hanya orang tua, kaum muda kini bisa mencapai Financial Fredoom jika mereka mener

Forosla.com - Saat ini, banyak orang menyadari pentingnya Financial Fredoom. Tidak hanya orang tua, kaum muda kini bisa mencapai Financial Fredoom jika mereka menerapkan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang tepat sejak usia dini.

Bagaimana cara mencapai Financial Fredoom di usia dini? Sebelum mengetahui langkah-langkahnya, pahami dulu apa itu Financial Fredoom dengan penjelasan berikut ini.

Cara Mudah Mencapai Financial Freedom di Usia Muda


Apa Itu Financial Fredoom?

Financial Fredoom adalah suatu kondisi dimana seseorang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginannya tanpa harus khawatir merasa minder, baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

Pada dasarnya, siapa pun dapat mencapai Financial Fredoom tanpa memandang usia atau jenis kelamin. Namun, tentu saja ada kerja keras dan upaya konsisten yang harus dilakukan untuk sampai ke titik itu. Bahkan, bagi sebagian orang, proses pencapaiannya juga bisa memakan waktu lama.

Financial Fredoom juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi ketika seseorang memiliki tabungan dan uang tunai yang cukup untuk dapat memenuhi gaya hidupnya dalam jangka panjang.

Sayangnya, tidak semua orang bisa mencapai kondisi ini. Alih-alih mendapatkan Financial Fredoom, banyak orang justru mengalami semakin banyak beban seiring bertambahnya usia. Mulai dari utang yang bertambah, pengeluaran dan masalah keuangan tak terduga lainnya.

Mengingat kondisi keuangan yang terus berkembang dari waktu ke waktu, kebebasan finansial jelas merupakan hal yang sangat penting untuk dicapai. Apalagi biaya hidup juga akan terus meningkat di kemudian hari dan kondisi fisik manusia tidak akan sama seperti saat masih muda.

Pentingnya Financial Fredoom

Kebebasan finansial adalah salah satu tujuan yang diimpikan oleh hampir semua orang. Dengan kebebasan finansial, kalian dapat membeli dan melakukan apa saja untuk memuaskan kebutuhan atau keinginan kalian .

Dalam hal ini, seseorang dianggap memiliki harta atau kekayaan yang dapat memenuhi segala kebutuhannya tanpa harus berusaha lebih keras seperti halnya orang yang tidak memilikinya.

Orang yang telah mencapai kebebasan finansial cenderung dapat menghasilkan lebih banyak uang atau kekayaan dari biaya hidup mereka. Dengan kata lain, seseorang tidak perlu lagi bekerja untuk hidup. Uang akan datang "dengan sendirinya".

Hal ini penting untuk diingat karena manusia tidak selalu dalam usia produktif. Di usia yang semakin tua, manusia tentu tidak bisa lagi bekerja sekeras saat masih muda. Oleh karena itu, penting untuk mengelola dan mengelola uang dengan bijak sejak usia dini agar kita dapat segera mencapai kebebasan finansial di masa depan.

Baca Juga : Cara Menabung Dengan Benar Untuk Masa Depan

7 Cara Mencapai Financial Fredoom

Setelah memahami apa itu kebebasan finansial, kini saatnya mengambil langkah yang tepat agar kalian bisa mencapainya. Berikut cara-cara meraih kebebasan finansial yang bisa kalian latih mulai sekarang.

1. Tentukan Tujuan Hidup

Langkah pertama yang harus kalian ambil untuk mencapai kebebasan finansial adalah dengan bertanya pada diri sendiri apa arti kebebasan finansial bagi kalian? Selanjutnya, putuskan berapa banyak uang yang harus kalian miliki di rekening bank kalian, bagaimana kalian akan menjalani gaya hidup kalian di masa depan, dan berapa banyak investasi yang kalian inginkan?

Jika tujuan hidup sudah jelas, maka akan mudah bagi kalian untuk menentukan arah tujuan keuangan Anda. Semakin spesifik tujuan yang kalian tetapkan, semakin mudah bagi kalian untuk mencapainya.

2. Buat Rencana Keuangan

Setelah menentukan tujuan hidup dan keuangan kalian, saatnya membuat rencana keuangan berdasarkan tujuan tersebut. Buatlah rencana jangka pendek dan jangka panjang agar kalian bisa melihat tujuan mana yang menjadi prioritas dan mana yang masih bisa diabaikan atau ditunda.

Dengan membuat rencana keuangan yang detail, kalian juga bisa mengevaluasi pengeluaran yang bisa dikurangi atau dikurangi, lalu mengalokasikan anggaran tersebut untuk tabungan atau investasi.

3. Lunasi Hutang

Kartu kredit dan pinjaman berbunga tinggi adalah hambatan terbesar yang dapat menghalangi kalian mencapai kebebasan finansial. Oleh karena itu, jadikan pembayaran utang sebagai prioritas dalam rencana keuangan Anda.

Utang di sini tidak hanya berupa uang tunai atau kredit real estate, tetapi juga utang dalam bentuk kartu kredit yang biasanya digunakan untuk berbelanja atau untuk kebutuhan hidup.

4. Bedakan Antara Tabungan dan Dana Darurat

Pastikan untuk memisahkan rekening tabungan dari dana darurat. Agar dana darurat tidak macet, kalian dapat menarik dana secara otomatis setiap bulan dan menggunakan rekening tanpa ATM untuk menghindari penarikan dana yang tidak perlu.

5. Temukan Sumber Penghasilan Tambahan

Selagi masih dalam usia produksi, gunakan waktu dan tenaga untuk mencari sumber penghasilan tambahan. kalian bisa memulainya dengan membuka usaha kecil-kecilan atau menjual barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi. Namun, pastikan aktivitas tersebut tidak mengganggu pekerjaan utama kalian saat ini.

Semakin banyak pendapatan yang kalian peroleh, semakin tinggi peluang kalian untuk mencapai kebebasan finansial.

6. Berinvestasi Dalam Aset Riil

Karena kebebasan finansial dapat dicapai ketika kalian dapat menghasilkan uang tanpa harus bekerja, penting bagi kalian untuk berinvestasi dalam aset nyata. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membeli properti kemudian menyewakannya sehingga menjadi passive income yang datang tanpa perlu kerja keras.

Misalnya, kalian memiliki rumah kost dengan 10 kamar yang disewakan dengan harga Rp 2 juta per bulan. Jika semua kamar disewa, Anda bisa mendapatkan 20 juta per bulan tanpa harus bekerja.

7. Berinvestasi Dalam Aset Keuangan

Nilai uang yang kalian miliki saat ini tentu tidak akan sama dengan nilai uang lima tahun mendatang. Hal ini disebabkan inflasi yang terjadi sehingga kalian perlu menyimpan aset kalian dalam bentuk investasi.

Dalam dunia investasi, ada banyak aset keuangan yang bisa kalian  kembangkan. Beberapa aset tersebut antara lain saham, obligasi, emas, dan pinjaman P2P. Sebelum memilih alat investasi yang tepat, pastikan kalian mengetahui tingkat risiko dan keuntungan dari masing-masing alat tersebut.

Itulah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk mencapai kebebasan finansial di usia muda. Karena kebebasan finansial adalah syarat yang harus diperjuangkan, kalian juga harus berani berinvestasi secara aktif.

Jika kalian ingin mulai berinvestasi, jangan lupa untuk membiasakan diri dengan berbagai alat investasi sehingga kalian dapat memutuskan jenis investasi yang paling sesuai dengan situasi keuangan kalian . Hal ini diperlukan untuk menghindari risiko kerugian dalam investasi yang mungkin terjadi karena pemilihan jenis instrumen yang salah.

© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain