Cara Jual Foto di NFT OpenSea untuk Pemula

OpenSea adalah platform perdagangan populer untuk aset NFT. Platform trading ini berguna untuk memudahkan siapa saja yang ingin membeli atau menjual N

Forosla.com - Setelah Ghazali berhasil menjual foto pribadinya dalam format NFT dan meraup untung miliaran rupiah, banyak orang mencari cara untuk menjual foto di NFT dengan harapan mendapatkan keuntungan serupa.

Nah, jika Anda salah satunya, jangan hanya menjual gambar! Anda juga perlu memahami dulu apa itu NFT, apa saja ciri-cirinya, dan bagaimana cara menjual gambar di OpenSea atau marketplace lainnya. Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut ini sampai habis.

Apa Itu NFT?

Cara Jual Foto di NFT OpenSea untuk Pemula


Seperti yang dijelaskan dalam buku “NFT & Metaverse: Blockchain, Virtual World, & Regulation,” NFT adalah singkatan dari non-fungible token, yang merupakan aset digital pada jaringan blockchain yang memiliki token pengidentifikasi unik dan metadata yang berbeda dari satu NFT. ke yang lain (dari jenis ini).

Selain penjelasan tersebut, masih banyak penjelasan lain untuk NFT. Salah satunya adalah definisi NFT yang mengacu pada aset terkomputerisasi yang mewakili berbagai jenis barang, baik berwujud maupun tidak berwujud. Namun, Anda tidak perlu menganggap semua jenis item sebagai aset NFT karena satu karakter NFT itu unik.

Seperti aset di dunia investasi, NTF juga memiliki nilai melalui mekanisme pasar. Oleh karena itu, harga NFT juga dipengaruhi oleh tingkat penawaran dan permintaan.

NFT sendiri sebenarnya sudah ada sejak tahun 2012. Namun, saat itu belum banyak yang mengetahui cara kerjanya dan keuntungan yang bisa didapat dari jual beli aset tersebut. Keberadaan aset ini baru menjadi populer setelah adanya NFT Cryptopunks dan game Crypto Kitties, serta partisipasi para seniman digital yang membantu menyebarkannya.

Karakteristik NFT

Seperti dijelaskan di atas, ada beberapa karakteristik yang harus dimiliki suatu elemen jika ingin digunakan sebagai NFT. Beberapa ciri tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Unik

Karena sifatnya yang unik, NFT tidak akan sama, dan setiap token NFT telah terbukti unik. Keunikan ini juga bisa terekam dalam jaringan blockchain sehingga tidak ada yang bisa memalsukannya.

2. Dapat Dilacak

Sumber, kepemilikan, dan pergerakan NFT juga dapat dilihat di sistem jaringan blockchain. Transparansi semacam inilah yang membuat NFT dapat dilacak secara real time.

3. Dapat Diautentikasi

Karena dua properti yang dijelaskan sebelumnya, NFT juga tidak dapat dipalsukan atau diduplikasi. Ini karena setiap token didukung oleh buku besar digital yang tidak dapat diubah dan jaringan terdesentralisasi sehingga token dapat diautentikasi.

4. Dapat Beradaptasi

Keuntungan lain dari NFT adalah dapat dengan mudah diadaptasi. Aset digital ini menyatu dengan mulus ke dalam ekosistem digital metaverse yang mendukung penggunaan dan penerapan NFT. Dengan cara ini, pemain dapat memperdagangkan NFT di pasar yang berbeda.

Mekanisme NFT

Sepintas bisa sangat aneh jika banyak orang rela mengeluarkan uangnya hanya untuk membeli aset yang sudah bisa didapatkan dengan mudah, baik melalui screenshot maupun download.

Namun, di sinilah pembeli bisa mendapatkan aset digital yang sangat mereka sukai. Jadi, yang diperjualbelikan di sini bukan sekedar karya seni, tapi orisinalitasnya. Inilah yang membuat NFT populer di kalangan kolektor aset digital.

Beberapa jenis NFT yang biasa diperdagangkan di OpenSea atau pasar lainnya antara lain artwork, GIF, video, avatar virtual, sepatu desainer populer, musik, dll. Selain itu, Anda dapat menjual apa saja yang bernilai dan unik dalam bentuk NFT. Misalnya, pendiri Twitter Jack Dorsey berhasil menjual tweet pertamanya sebagai NFT seharga lebih dari $2,9 juta.

Fitur unik lain dari NFT adalah pemilik atau pembuat aset dapat menyimpan informasi pribadi tentang aset tersebut. Misalnya, seorang artis dapat memasukkan tanda tangannya di metadata NFT.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa NFT merupakan aset berupa dokumen digital yang dapat diperjualbelikan layaknya aset teknis di dunia nyata.

Cara Jual Foto di NFT OpenSea

OpenSea adalah platform perdagangan populer untuk aset NFT. Platform trading ini berguna untuk memudahkan siapa saja yang ingin membeli atau menjual NFT. Nah, jika Anda tertarik untuk menjual gambar dalam bentuk NFT di OpenSea, maka lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Daftar NFT OpenSea

Sebelum menjual foto Anda, pastikan Anda terdaftar di OpenSea dengan cara berikut.

  • Buka opensea.oi melalui browser, baik menggunakan komputer atau smartphone.
  • Daftar akun OpenSea dengan mengklik ikon dompet atau ikon gambar profil.
  • Pilih menu "Connect Wallet", lalu pilih opsi dompet digital yang akan digunakan.
  • Buka ekstensi dompet digital yang digunakan untuk diinstal nanti.
  • Setelah terhubung ke dompet digital, pilih menu "Akun" dan klik "Profil" untuk mengatur informasi tentang profil yang akan Anda gunakan di OpenSea (dimulai dengan nama pengguna, email, dan data lain yang diperlukan).
  • Setelah memasukkan semua informasi yang diperlukan, klik "Simpan" untuk menyimpannya.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, OpenSea akan segera mengirimkan pesan melalui email yang terdaftar. Jika Anda telah menerima email tersebut, jangan lupa untuk melakukan verifikasi melalui email dan akun OpenSea Anda dapat digunakan secara otomatis.

2. Buat NFT di OpenSea

Setelah berhasil membuat akun, Anda dapat langsung membuat NFT di platform dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka halaman awal OpenSea, lalu klik "Buat"
  • Masukkan file (foto, foto, video, dll.) yang ingin Anda konversi ke NFT
  • Masukkan nama NFT dan buat pengaturan penting lainnya sesuai petunjuk
  • Setelah selesai, klik Buat
  • NFT Anda siap dijual

3. Jual NFT di OpenSea

Kemudian, Anda dapat mempelajari cara menjual foto di NFT OpenSea dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Buka menu "My Colletion" dengan mengklik ikon gambar profil di kanan atas layar.
  • Pilih NFT yang ingin Anda jual, lalu klik tombol "Sell".
  • Pilih rencana penjualan yang akan digunakan. Misalnya, jika Anda ingin menjualnya secara langsung, cukup klik opsi "Fixed Price" dan jika Anda ingin menjualnya menggunakan sistem lelang, pilih opsi "Time Auction".
  • Masukkan harga NFT dalam mata uang kripto Ethereum yang diinginkan.
  • Tentukan durasi penjualan dengan mengklik kolom “Duration” dan mengklik “Complete Listing”.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang apa itu NFT, apa saja ciri dan mekanismenya, serta bagaimana cara menjual gambar di NFT OpenSea yang bisa anda pelajari. Penting untuk diketahui bahwa sebelum menjual aset digital dalam bentuk NFT, pastikan Anda memahami semua syarat dan cara kerja NFT agar tidak mengalami kerugian.

© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain