10 Cara Bermain Saham Bagi Pemula, Aman dan Resiko Rendah

Di era digital ini, berinvestasi untuk pemula tidak lagi sulit. Ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan, salah satunya adalah merasakan bagaimana be

Forosla.com - Di era digital ini, berinvestasi untuk pemula tidak lagi sulit. Ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan, salah satunya adalah merasakan bagaimana bermain saham secara online atau disebut juga dengan trading saham digital. Tentunya cara bermain saham untuk pemula ini bisa dilakukan dengan langkah yang aman dan dengan resiko yang minimal.

Cara Bermain Saham Bagi Pemula


Mengenal Saham Online 

Saham online sebenarnya memiliki jenis saham yang sama pada umumnya, baik saham biasa maupun saham preferen. Bedanya, transaksi jual beli saham online lebih fleksibel dan mobile karena bisa dilakukan melalui aplikasi atau website.

Oleh karena itu, Anda tetap perlu menyikapinya dengan serius, tepat, dan hati-hati karena produk investasi ini bisa sangat menguntungkan atau bahkan merugikan.

Dari segi pendapatan, investasi ekuitas dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu dividen dan capital gain. Dividen akan diperoleh pemodal setelah memiliki saham tersebut dalam jangka panjang dalam jangka waktu tertentu, sedangkan capital gain adalah selisih nilai yang diterima dalam pembelian dan penjualan saham tersebut.

Dari sisi kerugian, investasi saham juga melibatkan setidaknya dua jenis risiko, yaitu likuidasi dan kerugian modal. Likuidasi adalah risiko kerugian yang timbul ketika suatu perusahaan dibubarkan atau dinyatakan pailit oleh pengadilan. Sedangkan capital loss merupakan kebalikan dari capital gain, artinya investor akan mengalami kerugian jika saham tersebut dijual pada saat harga jatuh jauh di bawah harga beli.

Keuntungan Saham Online

Berinvestasi saham secara online telah menjadi trend mainstream di masyarakat saat ini karena menawarkan sejumlah keunggulan dibandingkan saham pada umumnya. Selain mudah dan nyaman digunakan, Anda juga dapat memantau investasi dan melakukan transaksi di mana saja dan kapan saja tanpa harus repot-repot mengunjungi kantor penyedia layanan.

Selain hanya memiliki ponsel, aplikasi, dan koneksi internet, Anda juga dapat membeli saham secara langsung dengan modal awal Rs 100.000. Semua informasi terkait aset harga jual beli saham terbaru dapat terpantau dengan jelas dan transparan sehingga memudahkan Anda dalam menganalisa saham tanpa harus mengumpulkan data lagi.

Baca Juga : Aplikasi Investasi Saham dan Reksadana Yang Cocok Bagi Pemula 

Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan bermain saham online, mari kita telusuri cara lain bermain saham online yang aman dan minim resiko. Berikut sejumlah langkah dan tips untuk pemula yang bisa Anda coba terapkan:

1. Pelajari Referensi Saham 

Sejak awal, Anda harus mencari dan meneliti kinerja perusahaan saham target Anda agar tidak salah mengambil keputusan. Perhatikan bagaimana kinerja atau fundamentalnya dari tahun ke tahun, seperti apa visi atau prospek ke depan, dan seperti apa laporan keuangannya.

Periksa juga apakah kinerja keuangan perusahaan baik, kegiatan usahanya lancar, dan memiliki citra perusahaan yang baik. Anda dapat mencari semua ini melalui situs BEI, media sosial atau forum diskusi khusus investor.

2. Kenali Para Investor

Dengan mengetahui investor, akan membantu Anda untuk mengetahui produk apa yang mereka gunakan. Pembelian saham perusahaan yang produknya digunakan oleh investor akan bertujuan untuk memudahkan investor mengetahui kinerja perusahaan.

3. Pilih Perusahaan Saham yang Tepat

Sebelum membeli saham, pastikan Anda memilih platform saham online yang tepat. Triknya adalah dengan teliti memeriksa apakah platform tersebut resmi terdaftar sebagai anggota Bursa Efek Indonesia (BEI) atau tidak.

Efek online yang tercatat di BEI dijamin layak secara finansial karena telah memenuhi kualifikasi modal minimum yang berlaku oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Saat ini sudah banyak perusahaan saham yang menyediakan fasilitas untuk transaksi saham secara online. Misalnya Mandiri Sekuritas melalui platform MOST, BNI Sekuritas melalui platform Bions dan e-Smart, BCA Sekuritas melalui Best Service, dll.

Selain itu, Anda juga dapat memilih platform stok dengan aplikasi stok online yang terpercaya dan terpercaya. Misalnya dengan mencoba perdagangan dummy yang ditawarkan oleh sejumlah platform saham ini untuk menilai apakah aplikasi saham yang ditawarkan bagus atau tidak.

4. Mulai Dari yang Kecil

Sebagai permulaan, sebaiknya Anda membeli saham yang tidak membutuhkan modal besar untuk mengurangi risiko. Anda dapat melakukan check and recheck untuk menemukan perusahaan sekuritas yang memungkinkan pembukaan rekening hanya dengan modal minimum. Nah, salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk berinvestasi saham mulai dari 10 ribu rupiah adalah BMoney. Anda dapat mengunduh aplikasi dari Play Store atau App Store.

5. Gunakan Dana yang Dingin

Sebagai permulaan, cara bermain saham online yang aman dan minim risiko selanjutnya adalah siapkan modal Anda dengan dana dingin. Cold money artinya uang menganggur yang berasal dari uang pribadi yang tidak terpakai atau bukan dari uang yang Anda gunakan untuk kebutuhan pokok.

6. Buka Rekening Saham Online 

Sebelum Anda bisa menjadi investor resmi dan melakukan transaksi saham, Anda harus memiliki akun saham terlebih dahulu. Rekening saham atau dikenal dengan nama rekening dana klien (RDN) khusus digunakan untuk menyimpan modal untuk transaksi jual beli saham.

Kepemilikan RDN adalah wajib di pasar saham karena setiap perusahaan efek mensyaratkan bahwa modal yang dibeli atau dijual harus terdaftar di RDN.

Berikut beberapa langkah untuk membuka rekening saham online untuk pemula:

Siapkan dokumen pribadi seperti KTP, KTP lainnya, NPWP, buku tabungan, dan perangko.

Mengisi formulir khusus berupa pembukaan rekening saham dan pembukaan rekening dana investor (RDI) yang dilakukan secara terpisah dengan menggunakan dokumen pribadi yang telah disiapkan.

Tunggu hingga proses pembukaan rekening selesai, yaitu sekitar satu minggu.

7. Unduh Aplikasi Trading Terpercaya 

Setelah proses pembukaan rekening selesai, Anda akan diberikan ID, password dan PIN yang dapat digunakan untuk mulai berinvestasi saham. Untuk memudahkan aktivitas online, download aplikasi trading yang disediakan oleh broker melalui PlayStore atau AppStore atau download langsung dari website broker tempat Anda mendaftar untuk membuka rekening saham.

8. Setor Deposit Awal

Setoran tunai awal atau transfer dari akun pribadi ke RDI diperlukan untuk mengaktifkan akun saham terbuka. Setelah itu baru bisa melakukan transaksi saham.

Besarnya deposit tergantung dari jumlah transaksi saham yang akan dilakukan. Dimulai dengan setoran minimal Rp 100.000, menggunakan standar keamanan rata-rata sekitar Rp 5-10 juta atau lebih. Namun, Anda harus menetapkan suku bunga deposito yang sesuai dengan situasi dan kebutuhan keuangan Anda.

Setelah melakukan setoran awal, tinggal menunggu konfirmasi ID, password dan PIN agar Anda bisa login ke rekening saham online Anda dan mendapatkan Kartu Akses Penyetoran Efek Indonesia (KSEI).

Baca Juga : Kesalahan Investasi Saham Yang Sering Terjadi Pada Pemula 

9. Lakukan Jual Beli Saham Online 

Setiap perusahaan saham menetapkan biaya tertentu dengan nominal biaya yang berbeda untuk transaksi saham. Begitu juga untuk pengaturan sistem. Jika membingungkan, ikuti saja panduan tutorial pada aplikasi trading yang telah Anda unduh.

Saham hanya dapat dibeli dalam bentuk saham. Dalam investasi saham, istilah lot digunakan untuk mengukur harga, seperti jual beli barang. Satuan lot diterapkan secara internasional. Di Indonesia, BEI menyatakan bahwa minimal pembelian saham adalah 1 lot atau setara dengan 100 saham.

Harga saham BEI berbeda-beda, dan setiap perusahaan saham memiliki kebijakan jual beli saham yang berbeda-beda. Tinggi rendahnya harga saham akan mencerminkan aset dan nilai perusahaan. Oleh karena itu, jumlah kontrak yang ingin Anda beli harus disesuaikan dengan kemampuan ekonomi Anda.

10. Terapkan Trik Perdagangan Saham

Ada dua cara bermain saham untuk pemula yang bisa diterapkan agar menguntungkan, namun tetap aman dan minim resiko. Pertama, saat membeli saham, pastikan Anda hanya membeli saat harga turun ke level aman atau saat harga menembus high di titik tertentu. Setelah harga terbawah (breakout terjadi), harga saham naik kembali dengan cepat.

Kemudian, saat menjual saham, pastikan Anda hanya menjual di waktu yang tepat atau saat harga saham naik. Namun, jika Anda harus menjualnya saat harga turun, pastikan untuk menghitung batas kerugian atau cut loss Anda.

Misalnya, sebuah perusahaan saham menetapkan kerugian sebesar 6 persen. Oleh karena itu, ketika angka cut-off tercapai, maka saham tersebut harus segera dijual agar kerugiannya minimal dan modal tidak berkurang secara signifikan.

Demikian informasi tentang cara bermain saham online untuk pemula yang menguntungkan, tidak terlalu beresiko dan aman. Semoga berhasil 

© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain