Aplikasi Investasi dan Reksadana Yang Cocok Bagi Pemula

Pertama, berinvestasi saham tidak membutuhkan modal yang besar. Kedua, investasi ini mudah dilaksanakan dan sifatnya sangat fleksibel. Ketiga, Anda bi

Forosla.com - Pertama, berinvestasi saham tidak membutuhkan modal yang besar. Kedua, investasi ini mudah dilaksanakan dan sifatnya sangat fleksibel. Ketiga, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal jika Anda bisa menganalisa pasar dengan baik.

Di era teknologi tinggi seperti sekarang ini, berinvestasi saham sudah pasti menjadi lebih mudah. Yang harus Anda lakukan adalah memiliki perangkat smartphone kelas atas dengan internet dan Anda dapat melakukan transaksi saham melalui aplikasi.

Aplikasi Investasi Saham dan Reksadana Cocok Untuk Pemula


Sebagai permulaan, sangat mudah bagi investor baru untuk belajar berinvestasi di aplikasi saham. Aplikasi investasi terutama memberikan sejumlah informasi penting yang harus diketahui investor. Misalnya, harga saham, laporan keuangan, arus kas dan debt to equity emiten.

Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menganalisis kinerja emiten, sehingga nantinya Anda dapat memutuskan apakah akan membeli saham emiten tersebut atau tidak.

Baca Juga : 10 Cara Bermain Saham Bagi Pemula, Aman dan Risiko Rendah 

Berbagai Aplikasi Investasi Saham

Bagi Anda yang baru bergabung dengan dunia saham, tentunya akan sedikit kesulitan dalam menentukan aplikasi investasi saham yang terbaik, terbaik, aman dan terpercaya.

Tak perlu khawatir, berikut informasi aplikasi investasi saham yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK):

1. Ajaib

Aplikasi Ajaib merupakan salah satu aplikasi investasi saham yang kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi karena sudah berada di bawah pengawasan OJK. Anda dapat dengan mudah menemukannya di layanan Play Store.

Salah satu kelebihan dari aplikasi Ajaib adalah Anda dapat langsung membuka akun saham. Selain itu, sesi jual beli saham juga terbilang terjangkau atau murah. Sejauh ini, Ajaib telah diunduh oleh lebih dari 1 juta orang.

2. IPOT

Aplikasi Indo Premier Online Technology (IPOT) adalah aplikasi investasi saham perdagangan online yang dibuat oleh PT Indo Premier Sekuritas yang menyediakan investasi saham, reksa dana dan ETF dengan fitur yang lengkap.

Aplikasi ini memiliki fitur unggulan terkenal yang disebut Robo Trading dan Fund Evaluator. Melalui fitur ini, Anda dapat melakukan order beli dan jual untuk saham dan harga yang telah ditentukan. Dengan cara ini, Anda tidak akan kehilangan kesempatan untuk berdagang dengan harga yang telah ditentukan sebelumnya.

3. BMoney

BMoney adalah aplikasi investasi reksa dana yang mudah, murah, dan aman. BMoney terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga sangat aman. Anda bisa mulai berinvestasi reksa dana mulai dari Rp1.000 dan menawarkan banyak keuntungan, karena tidak ada biaya untuk membeli investasi reksa dana. Hanya dalam 5 menit Anda dapat berinvestasi di reksa dana di BMoney.

4. BIONS - BNI Sekuritas

BNI Sekuritas merupakan anak perusahaan dari bank milik negara, PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk. Perusahaan efek ini mengajukan permohonan BIONS, dengan setoran awal minimal Rp 1 juta.

Ada sejumlah layanan yang ditawarkan, seperti perbankan investasi, pialang saham, pialang pendapatan tetap, agen penjual reksa dana, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, BIONS juga menawarkan akun demo kepada calon investor yang masih mencoba tanpa menggunakan dana dengan fitur lanjutan lainnya seperti daftar pesanan otomatis, daftar pantauan, perdagangan sektoral, riset, fundamental, dan aksi korporasi.

5. Motion Trade - MNC Sekuritas

Jika Anda menggunakan aplikasi ini, Motion Trade, Anda akan dikenakan biaya pembelian 0,18% dan biaya penjualan 0,28%. Kelebihan dari aplikasi ini adalah investor hanya perlu mengeluarkan Rp 100.000 sebagai setoran awal saat membuka rekening.

Tidak hanya itu, proses pembukaan akun di Motion Trade sangat mudah dan bisa dilakukan tanpa tatap muka atau online. Yang perlu diperhatikan, Anda harus memiliki rekening BCA untuk membuka rekening saham di aplikasi ini.

6. RTI Business

Bagi Anda investor pemula, salah satu aplikasi yang wajib dimiliki adalah RTI Business. Pasalnya, aplikasi ini dapat membantu investor dalam menyusun strategi jual beli saham. Misalnya, Anda dapat menganalisis kinerja perusahaan selama lima tahun terakhir.

Bisnis RTI memuat berbagai informasi tentang pergerakan pasar modal. Ada juga informasi lain seperti laporan laba rugi, probabilitas, arus kas, neraca, pendapatan, dan pertumbuhan.

7. Bibit

Seeds adalah aplikasi yang disponsori oleh PT Bibit Grow Bersama. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan transaksi jual beli saham dalam bentuk reksa dana. Aplikasi ini juga menawarkan penawaran berbagai opsi reksa dana, mulai dari pasar uang, obligasi, dan lainnya.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda bisa mendaftar secara online. Selain itu, Anda juga dapat membeli dan menjual reksa dana secara gratis tanpa biaya apapun, menarik investasi kapan saja tanpa penalti, dan mendapatkan fitur Robo Advisor.

8. TanamDuit

Aplikasi investasi saham Tanamduit dikembangkan oleh PT Mercato Digital Asia. Melalui aplikasi ini Anda bisa berinvestasi saham. Salah satu keunggulannya adalah tersedianya fitur One View Portfolio untuk membantu pengguna aplikasi memantau pergerakan investasi.

Selain berinvestasi di saham, Anda juga bisa mulai berinvestasi di Surat Berharga Negara (SBN) atau asuransi secara online.

9. Bareksa

Bareksa sering disebut sebagai pasar investasi. Ini bukan tanpa alasan. Aplikasi Reksa Dana Bareksa menyediakan berbagai produk reksa dana dari banyak manajer investasi.

Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat membeli Surat Berharga Negara (SBN) karena Bareksa merupakan salah satu mitra distribusi yang ditunjuk oleh Kementerian Keuangan RI.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah Anda dapat dengan cepat mendaftar secara online. Selain itu, aplikasi ini menawarkan pilihan 150 reksa dana dan lebih dari 50 manajer investasi.

10. Stockbit

Stockbit adalah aplikasi investasi saham tempat investor dapat berdiskusi, menganalisis, dan memperdagangkan saham.

Sejumlah keunggulan yang ditawarkan aplikasi ini antara lain kemampuan investor untuk berdagang saham secara online, memanfaatkan fitur pembelajaran saham, dan melakukan simulasi perdagangan saham secara online.

11. Mirae HOST - Mirae Asset Sekuritas

Ada banyak layanan yang ditawarkan oleh Mirae HOST. Beberapa di antaranya adalah transaksi saham dan obligasi untuk individu dan perusahaan, transaksi saham online dan reksa dana untuk produk konvensional atau syariah, transaksi saham margin, dan riset korporasi dan ekonomi.

Untuk investor saham, HOST pasti akan menjadi aplikasi yang mudah digunakan. Ini karena investor dapat memilih apakah ingin berinvestasi dan berdagang menggunakan PC atau laptop dan aplikasi NEO HOST untuk pengguna smartphone.

Biaya jual beli saham di Mirae disebut-sebut sangat murah, yakni 0,25% untuk jual dan 0,15% untuk beli saham.

Baca Juga : 30 Daftar Saham Syariah Terbaik 2022

Cara Investasi Saham Melalui Aplikasi

Berikut cara berinvestasi saham dengan aplikasi yang bisa Anda lakukan:

1. Menyiapkan dokumen pribadi, yaitu:

  • KTP : KTP / KITAS / Paspor
  • NPWP
  • sampul buku tabungan
  • Nomor ID KSEI
  • Fotokopi KTP suami untuk ibu rumah tangga
  • Materai 

2. Pilih perusahaan saham online yang terpercaya.

Untuk mengecek kredibilitas perusahaan saham tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi website OJK.

3. Isi formulir yang dikirimkan dengan benar dan jujur.

4. Pembukaan Rekening Dana Investor (RDI)

Tujuan akun RDI adalah untuk menyimpan dana investor yang tidak dibeli untuk saham.

5. Tunggu proses pembukaan rekening selesai.

Ini biasanya memakan waktu sekitar satu minggu.

Setelah proses pembukaan rekening selesai, perusahaan sekuritas akan menghubungi Anda untuk mengonfirmasi nomor RDI yang dibuka. Selamat berinvestasi di saham!

© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain