Cara Mudah Cek No BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2022

Bagaimana cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan tahun 2022? Ada banyak pilihan dan mudah dibuat.

Forosla.com - Bagaimana cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan tahun 2022? Ada banyak pilihan dan mudah dibuat.

BPJS Ketenagakerjaan terbukti sering membantu pekerja mengatasi dampak sosial dan ekonomi ketika mereka memasuki usia pensiun atau yang sedang menunggu untuk mencari pekerjaan. Untuk klaim manfaat, peserta BPJS Ketenagakerjaan dapat menunjukkan Nomor  BPJS Ketenagakerjaan dan menyertakan dokumen tambahan lainnya.

Cara Mudah Cek No BPJS Ketenagakerjaan Terbaru


Ini cara mudah cek nomor BPJS Anda menggunakan NIK, KTP dan masih banyak alternatif lainnya.

1. Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan JMO

Cara pertama untuk mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan  adalah dengan menggunakan JMO App yang tersedia di Play Store dan App Store. Tenang, untuk mengetahui nomor keanggotaan Anda, Anda bisa login dengan email dan password melalui aplikasi.

Berikut metode lengkapnya.

  • Unduh Aplikasi JMO di Google Play / AppStore
  • Buka aplikasi untuk masuk dengan alamat email dan kata sandi Anda
  • Buka menu "Kartu Digital" di halaman utama
  • Nomor BPJS Ketenagakerjaan  akan ditampilkan di layar sebagai kartu digital

2. Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan  di Website Resmi

Selain menggunakan JMO App, Anda juga dapat mengecek Nomor BPJS Ketenagakerjaan  Anda dengan mengunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan  di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan  dengan lebih praktis tanpa harus mendownload aplikasi tambahan.

Berikut cara lengkap cek nomor kepesertaan melalui website resmi rekrutmen BPJS.

  • Masukkan jabatan BPJS Ketenagakerjaan  di kolom pencarian browser Anda
  • Masukkan alamat email dan kata sandi untuk akun BPJS Ketenagakerjaan  Anda
  • Ketik captcha yang ditampilkan dan pilih opsi “I am not a robot
  • Klik Masuk
  • Klik menu "Verifikasi Kartu Digital"
  • Setelah itu, nomor BPJS Ketenagakerjaan  akan ditampilkan di layar

3. Cek Nomor Rekrutmen BPJS di Call Center

Bagi yang menginginkan jawaban langsung dari Help Center BPJS Ketenagakerjaan, jangan ragu untuk menghubungi call center untuk mendapatkan jawaban berupa Nomor BPJS Ketenagakerjaan. Namun, perlu diingat bahwa ini adalah panggilan telepon berbayar.

Jadi, pastikan pulsa Anda cukup untuk melakukan panggilan ke call center. Hubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan di 175 selama jam kerja.

4. Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan Melalui Whatsapp (WA)

Ini adalah salah satu cara paling praktis untuk mendapatkan informasi Nomor BPJS Ketenagakerjaan. Whatsapp merupakan salah satu sarana komunikasi yang paling mudah diakses saat ini, maka sudah sewajarnya BPJS Ketenagakerjaan menawarkan layanan melalui Whatsapp.

Selain itu, dengan menghubungi BPJS Ketenagakerjaan melalui Whatsapp, Anda tidak perlu menambahkan aplikasi apapun untuk mengetahui nomor kepesertaan.

Layanan ini hanya tersedia mulai pukul 06.00-14.00 WIB melalui nomor Whatsapp 08119115910 dan 08551500910.

5. Konfirmasi dengan HRD Perusahaan

Jika Anda mempercayai pengungkapan dokumen dari kantor, ini adalah cara yang benar untuk mengetahui Nomor BPJS Ketenagakerjaan  Anda. Namun, cara ini hanya dapat diterapkan jika Anda terdaftar sebagai peserta grup di perusahaan, sehingga kemungkinan besar peserta yang tidak dibayar tidak dapat menggunakan metode ini.

Karena itu, untuk melakukan ini, cukup konfirmasi dengan rekan-rekan di departemen sumber daya manusia. Kemudian, agar tidak menanyakan hal yang sama kepada HRD, Anda bisa meminta untuk mencetak ulang kartu BPJS ketenagakerjaan.

6. Cara Cek Nomor BPJS dengan KTP

Umumnya, nomor kepesertaan BPJS dapat diverifikasi dengan menunjukkan KTP. Namun, Anda harus berhati-hati saat menunjukkan ID Anda ke pihak mana pun.

Di sisi lain, jika Anda ingin menggunakan cara ini untuk memeriksa Nomor BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat memilih untuk menghubungi nomor di akun media sosial resmi milik BPJS Ketenagakerjaan dan kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di kota Anda.

Waspadalah terhadap pihak yang mengaku sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meminta data pribadi Anda untuk tujuan selain klaim manfaat.

Itulah berbagai cara cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan yang bisa Anda pilih. Siapa yang akan menjadi pilihan Anda? Mungkin berguna!


© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain