Manfaat Pasar Modal Bagi Investor, Masyarakat dan Pemerintah

Pasar modal adalah sistem keuangan yang diatur. Di dalamnya, transaksi terjadi di berbagai instrumen pasar modal yang dioperasikan oleh Bursa Efek Ind

Forosla.com - Akhir-akhir ini pembicaraan tentang investasi tidak ada habisnya. Berbagai pilihan investasi dihadirkan dengan godaan untuk menjamin masa depan. Salah satunya adalah berinvestasi di pasar modal. Manfaat pasar modal yang diyakini signifikan ternyata menarik minat. Bentuk investasi pasar modal ini menjadi semakin populer, terutama anak muda yang semakin belajar manajemen keuangan.

Manfaat Pasar Modal Bagi Investor, Masyarakat dan Pemerintah


Pasar modal adalah sistem keuangan yang diatur. Di dalamnya, transaksi terjadi di berbagai instrumen pasar modal yang dioperasikan oleh Bursa Efek Indonesia dan memiliki jenis yang berbeda-beda.

Jenis investasi pasar modal yang sedang naik daun di kalangan masyarakat khususnya anak muda adalah saham dan reksa dana. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya alternatif aplikasi online melalui handphone dengan kemudahan pendaftaran dan kemudahan bertransaksi bagi pengguna.

Pilihan investasi ini juga sudah mulai dipertimbangkan karena banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh dari pasar modal. Lalu apa dan siapa yang bisa diuntungkan dari pasar modal ini?

Baca Juga : Tips Jadi Investor Sukses 

Manfaat Pasar Modal bagi Investor atau Masyarakat

Investor adalah investor yang ingin menginvestasikan uangnya untuk membeli jenis investasi pasar modal, baik itu saham, reksa dana, obligasi, maupun derivatif. Tidak hanya perusahaan, individu atau individu seperti Anda, mereka juga bisa menjadi investor pasar modal dan menikmati manfaat pasar modal. Nah, berikut ini keuntungan pasar modal bagi yang memilih menjadi investor:

1. Bisa Mendapatkan Banyak Keuntungan

Inilah yang sering dibidik oleh orang-orang yang telah pindah untuk berinvestasi. Namun tidak salah jika pasar modal memberikan keuntungan bagi investor tentunya, karena keuntungan yang diperoleh berupa deviden yang terkadang bisa sangat besar. Apalagi jika Anda memilih jenis investasi berupa saham. Ketika nilai jual meningkat di pasar modal, Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Namun, Anda harus bersabar dan berhati-hati jika memilih jenis investasi ini. Keuntungan besar ini tidak dalam jangka pendek. Oleh karena itu, Anda bisa memikirkan terlebih dahulu tujuan investasi Anda.

2. Banyak Alternatif Investasi

Investasinya terdiversifikasi. Beberapa memilih untuk menabung, membuka deposito, membeli emas atau membeli real estate. Nah, memiliki investasi di pasar modal yang berbeda jenisnya juga memberi Anda banyak alternatif dalam berinvestasi. Namun, Anda perlu menentukan tujuan investasi Anda. Jika Anda berinvestasi untuk kebutuhan jangka panjang, maka investasi pasar modal ini bisa menjadi alat yang tepat untuk menghasilkan keuntungan yang baik.

3. Bisa Dengan Modal Kecil

Biasanya orang enggan untuk berinvestasi karena membutuhkan biaya yang cukup besar. Hal ini bisa terjadi jika Anda memilih investasi berupa real estate atau tanah yang membutuhkan modal awal yang besar. Awalnya, investasi pasar modal mendapat pendapat yang sama. Namun nyatanya, sejumlah investasi pasar modal bisa dilakukan dengan modal awal yang kecil.

Salah satunya adalah reksa dana. Anda bisa berinvestasi dengan modal awal kurang dari Rp 500.000 dan menikmati keuntungan dari pasar modal ini. Begitu juga dengan saham yang sekarang bisa dijalankan melalui banyak aplikasi online, modal awal sangat terjangkau.

4. Menciptakan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat

Pergerakan di pasar modal ini juga dapat menjadi pendorong berkembangnya industri lain dan menyebabkan munculnya sejumlah profesi kerja, mulai dari pialang, bank jujur, lembaga kliring dan lain-lain. Hal ini karena penawaran umum emiten tidak dapat diselesaikan oleh emiten itu sendiri karena prosesnya yang rumit.

Manfaat Pasar Modal bagi Emiten

Emiten adalah istilah untuk perusahaan yang menjual saham yang menggerakkan kegiatan bursa. Jika tidak ada emiten, investasi di pasar modal tidak akan berjalan. Bahkan manfaatnya tidak akan dirasakan oleh masyarakat, apalagi investor. Kemudian bagi emiten, berikut keuntungan yang didapat dari pergerakan pasar modal:

1. Peningkatan Modal

Keberadaan pasar modal ini memberikan keuntungan bagi emiten untuk memperoleh dana dengan cara menjual saham di pasar modal. Saham dibeli oleh masyarakat umum, perusahaan lain dan bahkan pemerintah. Dengan membeli saham tersebut, perusahaan memperoleh tambahan modal yang dapat digunakan untuk menjalankan roda produksi.

2. Meningkatkan Kapasitas Produksi

Dengan penambahan modal melalui penjualan saham, para eksportir dapat menggunakan uang tersebut untuk meningkatkan kapasitas produksi. Tak heran, eksportir dengan permintaan tinggi umumnya tercatat memiliki produktivitas tinggi. Reputasi baik emiten akibat peningkatan produksi ini dapat berdampak pada kenaikan harga jual sahamnya secara signifikan.

3. Lebih Banyak Lapangan Kerja

Pergerakan di pasar modal ini juga mendorong perusahaan untuk meningkatkan sumber daya manusianya. Hal ini dikarenakan produktivitas meningkat, sehingga dibutuhkan tenaga kerja yang lebih terampil dalam jumlah yang perlu disesuaikan. Bukan tidak mungkin, perusahaan memilih membuka lowongan guna memenuhi tambahan tenaga kerja.

Baca Juga : Jenis Investasi Yang Wajib Diketahui Investor Pemula 

Manfaat Pasar Modal Bagi Pemerintah

Tidak hanya bagi Anda yang menjadi investor atau menjadi perusahaan, perdagangan pasar modal juga berdampak pada pemerintahan dan kondisi perekonomian suatu negara. Brikut ini adalah manfaat pasar modal bagi pemerintah 

1. Meningkatkan Pendapatan Negara

Pendapatan ini berasal dari pajak yang dikenakan pada setiap transaksi dan dividen yang diterima oleh pemegang saham. Jelas, penerimaan pajak ini memberikan pemasukan bagi negara.

2. Membantu Memutar Roda Perekonomian

Dengan tumbuhnya investor yang membeli saham perusahaan yang terdaftar di pasar modal, maka perusahaan tersebut memiliki pendapatan untuk mengembangkan usahanya dalam skala yang lebih besar. Pertumbuhan perusahaan terbesar di negara itu berbanding lurus dengan kemajuan ekonomi negara.

Selain itu, jika bisnis perusahaan tumbuh dan jumlahnya meningkat, maka tenaga kerja yang dibutuhkan juga akan meningkat. Artinya membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat guna meningkatkan daya beli.

3. Menarik Investor Asing Ke Dalam Negeri

Pasar modal yang dikelola dengan baik maka akan membuat investor asing akan tertarik untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Apa kelebihannya? Dengan hadirnya investor asing, perusahaan dapat mengembangkan usahanya lebih jauh. Seperti disebutkan sebelumnya, perusahaan yang tumbuh berjalan seiring dengan kemajuan ekonomi suatu negara.

Kesimpulan 

Itulah berbagai manfaat pasar modal yang bisa dinikmati banyak pihak. Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di pasar modal, tidak perlu bingung karena saat ini sudah banyak pilihan dan cara mudah untuk mengaksesnya. Selamat datang di pasar modal untuk menikmati keuntungannya.

© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain