9 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat

Menabung merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk menunjang kondisi keuangan. Oleh karena itu, hampir setiap orang diajarkan untuk m

Forosla.com - Menabung merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk menunjang kondisi keuangan. Oleh karena itu, hampir setiap orang diajarkan untuk menabung sejak dini, baik di rumah maupun di sekolah. Sayangnya, menabung seringkali dianggap remeh sehingga tidak semua orang bisa melakukannya secara konsisten.

Nah, jika Anda memiliki kebiasaan menunda-nunda hal ini, ada baiknya Anda mulai menabung dengan cara yang unik. Selain menarik dalam pelatihan, cara menabung yang unik dapat meningkatkan semangat Anda sehingga Anda termotivasi untuk terus melakukannya.

Cara Unik Untuk Menabung

9 Cara Menabung Unik dan Bikin Semangat


Selanjutnya, bagaimana cara menabung yang unik yang mudah dilakukan? Yuk, simak poin-poin berikut!

Baca Juga : Cara Efektif Menabung 50 Juta dalam Setahun

1. Simpan Berdasarkan Tanggal

Salah satu cara menabung yang bisa Anda praktikkan dengan mudah adalah dengan menyisihkan uang di tabungan, baik dalam bentuk celengan maupun rekening bank, berdasarkan tanggalnya.

Misalnya, Anda perlu mengalokasikan Rp 1.000 di hari pertama, kemudian Anda perlu menyisihkan Rp 2.000 di hari berikutnya, dan seterusnya sesuai dengan tanggal Anda menabung.

Jumlah ini pasti akan terus bertambah hingga tanggal 30 atau 31 setiap bulannya. Jika dihitung secara akurat, Anda akan mendapatkan rata-rata penghematan Rp 465.000 per bulan atau Rp 5,6 juta per tahun.

2. Menabung Uang Kertas

Cara menabung yang unik dan menggembirakan adalah dengan menyisihkan setiap uang kertas yang Anda miliki dengan jumlah tertentu. Misalnya, Anda hanya akan mengumpulkan Rp 10.000 dan Anda tidak akan membelanjakannya sekalipun.

Jika Anda melakukan ini secara konsisten setiap kali Anda mendapatkan uang kertas 10.000 , Anda dapat menghasilkan banyak uang setiap bulan. Misalnya, Anda sering menukar uang setiap pagi dan mendapatkan Rp 10.000 per hari. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan Rp 300.000 per bulan atau Rp 3,6 juta per tahun.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak penghematan, maka tentu saja Anda harus memilih uang kertas token yang lebih besar untuk disimpan. Misalnya 20 ribu atau 50 ribu atau bahkan 100 ribu .

3. Menabung Uang Receh

Jika menyimpan uang kertas masih berat, Anda bisa mencoba memulai dari jumlah uang yang kecil. Misalnya, simpan setiap uang receh yang Anda dapatkan setiap hari. Jika Anda melakukan ini secara konsisten, Anda dapat menghemat banyak dari perubahan yang Anda kumpulkan.

Agar tidak lupa mengembalikan uang receh yang Anda dapatkan di celengan Anda, Anda bisa mengumpulkannya terlebih dahulu di dompet khusus untuk uang receh. Setelah kembali ke rumah, Anda dapat memasukkan ke celengan.

4. Menabung Dengan Teman

Memiliki teman yang memiliki visi dan frekuensi yang sama dengan Anda memang menyenangkan, apalagi jika orang ini juga ingin diajak membangun kebiasaan baik bersama. Misalnya, bangun kebiasaan menabung untuk tujuan keuangan tertentu.

Saat membuat perjanjian tabungan dengan teman, Anda juga harus terlebih dahulu menentukan syarat dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak agar proses tabungan berjalan lancar.

Untuk memulai, coba tentukan terlebih dahulu tujuan keuangan atau tujuan yang ingin Anda capai bersama. Misalnya kamu dan temanmu ingin jalan-jalan ke Malaysia dengan budget Rp 5 juta. Kalian berdua punya waktu lima bulan untuk menyusun anggaran.

Jadi, Anda dan teman Anda bisa membuat akad menabung sebesar Rp 1 juta per bulan yang nantinya akan disimpan di rekening tabungan bersama.

5. Simpan Buku Tabungan di Teman

Selain menabung bersama, ada lagi cara menabung yang unik dan menggembirakan yang bisa kamu lakukan bersama teman. Salah satunya adalah menyimpan buku tabungan bersama sahabat Anda.

Untuk mengurangi kecurangan, pastikan Anda dan teman Anda tidak memiliki akses untuk mengambil uang yang Anda simpan. Oleh karena itu, selain menyimpan buku besar dengan teman, Anda juga dilarang mengakses dalam bentuk online atau mobile banking sehingga baik Anda maupun teman Anda tidak dapat mengambil uang di buku tabungan.

6. Menabung Gaya Korea

Selain kemampuannya untuk menarik orang asing melalui drama dan lagu K-Pop, Korea Selatan juga memiliki kecenderungan hemat yang unik. Cara menabung ini, yang sering disebut dengan pocket calendar saving, bisa membuat Anda terbiasa menabung secara konsisten setiap hari.

Caranya adalah, Anda harus memiliki kalender dengan satu saku untuk menyimpan uang. Nah, setiap hari Anda harus menyisihkan uang dan menyimpannya di saku kalender. Dengan cara ini, Anda dapat menabung secara spontan tanpa harus melihat dan mencatat berapa banyak uang yang Anda simpan.

Setelah sebulan penuh, Anda dapat menghitung berapa banyak uang yang telah Anda sisihkan dan simpan di saku kalender Anda dan transfer ke rekening tabungan.

7. Menabung Di Tempat Tersembunyi

Hampir setiap orang menemukan uang secara kebetulan di dalam tas, kemeja, saku celana, atau di lemari. Kejadian tak terduga seperti itu pasti membuat setiap orang bahagia. Nah, ternyata lupa menabung juga bisa menjadi cara unik untuk menabung dan membuat Anda bersemangat.

Caranya, Anda bisa menyimpan uang yang ingin Anda simpan di tempat tersembunyi. Misalnya, di sela-sela buku, di kotak rias, atau di tempat lain yang jarang Anda jangkau tapi kadang butuh.

Ingatlah bahwa Anda dapat melakukan ini dengan memilih tempat yang aman. Hindari menyimpan uang tunai di brankas atau di bawah tempat tidur kayu karena kemungkinan besar rayap akan memakannya.

8. Menabung Sebagai Hukuman

Menabung juga bisa digunakan sebagai hukuman. Anda bisa menerapkan cara ini bersama teman atau keluarga. Misalnya, orang yang terlambat masuk kelas harus menyisihkan Rp 10.000 untuk tabungan bersama. Ini bisa jadi cara menabung yang unik sekaligus meningkatkan kedisiplinan, lho.

9. Menabung Pada Aplikasi Investasi

Selain menabung di bank kecil, tempat tersembunyi, dan rekening tabungan, Anda juga bisa menyimpan uang dalam bentuk investasi. Anda dapat dengan mudah melakukan cara menabung yang unik dan berkelas ini dengan aplikasi investasi khusus seperti BMoney, Ajaib, Pluang maupun Bibit

Dengan mengalokasikan tabungan Anda ke dalam investasi reksa dana, Anda tidak perlu takut nilai uang yang Anda simpan sewaktu-waktu akan berkurang. Anda juga tidak perlu khawatir akan kehilangan atau pencurian. Ini karena ada sistem keamanan yang terjamin dan Anda bisa melihat pergerakan reksa dana secara transparan di dalam aplikasi.

© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain