Tips Mudah Menabung Harian, Bisa Dilakukan Siapa Saja.

Biasanya menabung tidak mengenal usia. Banyak orang telah belajar menabung dengan menggunakan celengan. Awalnya koin diberikan, lama setelah uang kert

Forosla.com - Biasanya menabung tidak mengenal usia. Banyak orang telah belajar menabung dengan menggunakan celengan. Awalnya koin diberikan, lama setelah uang kertas diberikan. Dari awal, menabung di celengan, jika sudah penuh, bisa ditransfer ke rekening bank.

Skema tabungan tidak harus dimulai dengan jumlah besar. Apalagi jika Anda tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulannya atau Anda belum bekerja. Namun, bukan berarti jika masih pelajar atau mahasiswa tidak bisa menabung lho. Kamu masih bisa menyisihkan uang jajan yang diberikan orang tuamu untuk ditabung sedikit demi sedikit!

Ada beberapa tips menabung harian yang bisa Anda lakukan di rumah. Sangat mudah bagi siapa saja untuk mengikuti tips menabung ini asalkan ada kemauan yang kuat!

Tips Menabung Untuk Pelajar

Tips Mudah Menabung Harian, Bisa Dilakukan Siapa Saja.


Sebagai pelajar, cara menabung yang paling mudah dan murah adalah dengan melakukannya di rumah. mengapa? Pertama, Anda tidak perlu repot membuka rekening bank. Kedua, dengan menabung di rumah, Anda dapat dengan mudah mengakses celengan sehingga Anda sering harus menyimpan uang di celengan. Ketiga, dengan menabung di rumah, Anda tidak punya alasan untuk malas ke bank untuk menyetor uang.

Baca Juga : Cara Mengatur Keuangan Dengan Bijak 

Berikut beberapa tips menabung untuk pelajar!

1. Kurangi Jajan

Salah satu tip hemat untuk pelajar dan mahasiswa adalah mengurangi ngemil atau makan di luar. Padahal, menghabiskan hari di luar dan kemudian membeli makanan dan camilan untuk mengisi perut adalah hal yang lumrah. Namun, Anda harus berhati-hati dalam mengalokasikan uang Anda untuk tujuan ini karena rasanya seperti menghabiskan sedikit uang, tetapi tiba-tiba uang Anda cepat habis.

Bayangkan, misalnya, setiap hari Anda membeli makan siang di kantin seharga 20 ribu rupiah. Kemudian, di sore hari, Anda membeli makanan ringan yang harganya sama dengan makan siang Anda. Dalam satu hari saya menghabiskan 40 ribu untuk makan. Katakanlah Anda berada di sekolah atau kampus selama 20 hari dalam sebulan, biaya yang Anda keluarkan untuk makan adalah 800.000! Ini hanya jatah makan, belum termasuk transportasi dll.

Salah satu trik yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya makan adalah dengan membawa bekal dari rumah. Jika Anda masih tinggal bersama orang tua, manfaatkan keadaan ini dengan membawa lauk pauk dan nasi dari rumah. Jika Anda seorang mahasiswa kost, inilah saatnya untuk belajar memasak dan membawanya sebagai bekal makan siang! Padahal, dengan memasak makanan sendiri, Anda bisa mendapatkan makanan buatan sendiri yang lebih sehat dan bersih.

2. Selektif Dalam Memilih Tempat Makan

Tips agar bisa hemat setiap hari, yaitu cermat memilih tempat makan. Tips ini bisa menghemat biaya makan kamu, lho. Misalnya, ketika Anda berada di mall, Anda tidak harus selalu makan di restoran yang ada di mall.

Jika Anda telah menghabiskan banyak waktu di mall, Anda tahu kisaran harga makanan di mal: mahal dan porsinya belum tentu menyenangkan! Nah, Anda bisa mencoba cara lain, yaitu makan di kantin karyawan. Di sana banyak pilihan makanan dengan harga murah dan pasti mengenyangkan!

Baca Juga : 9 Cara Unik Menabung dan Bikin Semangat 

3. Batasi Pengeluaran

Tips menabung di rumah ini sangat efektif membantu Anda mengalokasikan uang saku bulanan, lho! Di zaman kita sekarang ini di internet, sangat mudah untuk membeli barang, terutama barang sekunder atau tersier.

Nah, Anda perlu menahan diri dari godaan notifikasi e-commerce yang muncul setiap hari. Anda bisa membatasi diri dengan menargetkan belanja hanya untuk kebutuhan minor atau ketiga setiap tiga bulan. Bahkan, jika memungkinkan setiap enam bulan sekali. Berbelanjalah saat Anda benar-benar membutuhkannya.

Tidak perlu selalu menuruti keinginan karena yang namanya keinginan tidak pernah ada habisnya bukan?

4. Kurangi Nongkrong

Salah satu tips hemat untuk pelajar dan mahasiswa bisa membatasi hangout. Kalian pasti tahu dong, kalau ada pertemuan dengan teman-teman bisa berjam-jam. Awalnya saya hanya memesan secangkir kopi, kemudian dilengkapi dengan singkong goreng, kentang goreng dll.

Jika Anda termasuk orang yang sering melakukan hal ini, saatnya mengevaluasi kembali aktivitas Anda setiap bulannya. Ini tidak berarti bahwa Anda harus berhenti bergaul dengan teman-teman, tetapi Anda harus memutuskan dengan bijak pertemuan mana yang akan Anda hadiri dan pertemuan mana yang dapat Anda tunda atau tolak.

Anda juga bisa membatasi diri, misalnya hanya rapat 1-2 kali dalam sebulan, dan sesuaikan dengan budget bulanan Anda.

5. Beli Celengan

Tips menabung di rumah ya, punya celengan kecil! Namun, itu bukan hanya celengan, lho. Cari celengan kecil yang tidak mudah dibuka atau rusak. Misalnya, kotak uang yang terbuat dari kaleng. Beli celengan yang proses membukanya akan membutuhkan lebih banyak usaha, sehingga Anda terlalu malas untuk membukanya dalam waktu dekat. Cara ini bisa membuat Anda “terpaksa” berpisah dengan uang yang masuk ke celengan.

Anda bisa memulainya dengan jumlah kecil, misalnya memasukkan pecahan 5000 rupiah ke celengan setiap hari. Dalam sebulan tanpa sadar kamu sudah mengumpulkan 150.000 , lho!

Dia bersumpah untuk tidak membuka celengan kecuali sudah penuh sesak. Ini bisa berlangsung selama beberapa bulan dan ketika tiba waktunya untuk membuka celengan, Anda akan kagum dengan berapa banyak uang yang telah Anda tabung sejauh ini. Tentu saja, ketika Anda dapat membuka celengan dan menghitung total uang yang Anda kumpulkan, Anda tidak menggunakannya untuk berbelanja, ya, tetapi Anda dapat mentransfernya ke rekening bank Anda!

Baca Juga : Cara Efektif Menabung 50 Juta dalam Setahun

6. Manfaatkan Diskon

Tips menabung di rumah lainnya, yaitu pelajar atau mahasiswa, harus memiliki strategi hemat uang saku yang cermat, salah satunya dengan memantau diskon yang ditawarkan di e-commerce atau platform pesan-antar makanan online, dll.

Keberadaan diskon ini akan sangat membantu Anda untuk menghemat banyak uang dan Anda dapat menyimpannya di rumah setiap hari. Pada periode tertentu, e-commerce dan layanan pesan-antar makanan online menawarkan diskon yang sangat menggiurkan.

Bahkan, mereka berani menawarkan diskon hingga 50 persen atau gratis ongkos kirim. Nah, Anda harus berhati-hati untuk menangkap momentum itu agar bisa menghemat lebih banyak uang!

7. Sisihkan Diawal

Jika Anda ingin bisa menabung terus-menerus, Anda harus mengesampingkannya di awal, jangan sampai di akhir. Saran untuk bisa menabung setiap hari adalah dengan menyimpan uang di celengan di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

Dengan cara ini, Anda akan belajar disiplin dengan sisa anggaran harian dan "memaksa" diri Anda menggunakan dana yang tersedia untuk kebutuhan dalam sehari.

8. Cari Peluang

Siapa bilang siswa hanya bisa menunggu uang jajan yang diberikan oleh orang tuanya? Anda bisa mencari peluang dari aktivitas sehari-hari, lho. Misalnya, membantu tetangga membersihkan kebun, membantu dosen mengerjakan proyek, menjadi guru les mata pelajaran, dll.

Carilah peluang kecil untuk dilakukan di sela-sela kegiatan belajar Anda. Daripada menggunakan waktu luang untuk hang out setiap hari, lebih baik digunakan untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan uang bukan? Ini salah satu tips hemat untuk pelajar atau mahasiswa yang bisa dilakukan siapa saja, lho!

© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain