5 Keuntungan Investasi Bagi Masa Depan

Meski banyak orang terpelajar di bidang investasi, hanya sedikit masyarakat Indonesia yang masih mengandalkan tabungan. Mereka percaya bahwa cukup den

Forosla.com - Meski banyak orang terpelajar di bidang investasi, hanya sedikit masyarakat Indonesia yang masih mengandalkan tabungan. Mereka percaya bahwa cukup dengan memiliki tabungan, maka posisi keuangan mereka di masa depan aman. 

Faktanya, tidak ada yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk berinvestasi sejak dini dan berkesinambungan agar manfaat dari investasi tersebut dapat dirasakan.

5 Keuntungan Investasi Untuk Masa Depan


Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, Anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis alat apa saja yang biasa digunakan dalam berinvestasi. Beberapa jenis instrumen tersebut antara lain deposito, emas, reksa dana, saham, properti, dan obligasi.

Selain mengetahui jenis-jenis investasi, Anda juga perlu mengetahui tujuan investasi. Hal ini diperlukan agar tujuan yang telah Anda rencanakan dapat berhasil dicapai sesuai dengan tujuan investasi.

Baca Juga : Tips Memulai Investasi Aman dan Rendah Risiko 

Tujuan Investasi

Dua hal yang mempengaruhi penetapan tujuan investasi adalah motivasi dan profil investor. Tanpa tujuan investasi yang jelas, investor tidak akan dapat melaksanakan investasinya dengan baik dan mendapatkan hasil investasi yang maksimal.

Pada dasarnya, tujuan berinvestasi bukan hanya mencari keuntungan. Ada juga investor yang menginvestasikan modalnya untuk mengurangi risiko finansial yang mungkin terjadi di masa depan.

Oleh karena itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu tujuan investasi apa yang biasanya dijadikan pedoman bagi investor dan menentukan tujuan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Mengamankan Aset 

Salah satu tujuan investor dalam berinvestasi adalah untuk mengamankan aset dari segala bentuk kerugian, salah satunya adalah penurunan nilai aset yang mungkin terjadi akibat inflasi. Nah, salah satu cara untuk mengamankan aset yang cukup andal adalah dengan berinvestasi emas, obligasi, atau deposito.

2. Persiapan Dana Pensiun

Meski sudah ada BPJS Ketenagakerjaan yang bisa digunakan saat memasuki masa pensiun, namun banyak orang yang belum siap memasuki masa tersebut karena dana yang ada tidak cukup untuk menjamin kehidupan setelah pensiun. Untuk itu, banyak orang memilih berinvestasi untuk menyiapkan dana pensiun agar semua kebutuhan di masa depan dapat terpenuhi.

Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, Anda dapat menggabungkan investasi jangka pendek dan jangka panjang. Investasi jangka pendek dapat digunakan untuk menutupi biaya hidup saat ini, sedangkan investasi jangka panjang dapat memperoleh keuntungan setelah jangka waktu tertentu. Misalnya, jangka waktu investasi 5 atau 10 tahun.

Baca Juga : 9 Tips Belajar Investasi Bagi Pemula 

3. Memenuhi Biaya Tertentu

Selain dua hal di atas, ada lagi tujuan investasi yang sering dijadikan tujuan dalam perencanaan keuangan. Tujuan ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki rencana tertentu untuk jangka waktu tertentu, seperti rencana pernikahan atau rencana pendidikan.

Seperti yang kita ketahui, biaya menikah atau mendidik anak tidak bisa didapatkan dengan mudah. Harga barang atau jasa yang terus meningkat menuntut setiap orang untuk mempersiapkan kebutuhan tersebut jauh-jauh hari, salah satunya melalui investasi.

Dengan berinvestasi, Anda bisa menyiasati perkiraan biaya menikah atau mendidik anak karena rata-rata investasi bisa memberikan imbal hasil hingga 10% per tahun, baik dari harga saham yang lebih tinggi maupun dividen.

5 Manfaat atau Keuntungan Investasi Bagi Masa Depan

Setelah menentukan tujuan investasi Anda dengan cermat, Anda dapat menginvestasikan uang dan mendapatkan manfaat atau keuntungan investasi yang diharapkan. Lantas, apa saja keuntungan atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari berinvestasi? Berikut penjelasannya.

1. Terhindar Dari Inflasi

Inflasi terjadi hampir setiap tahun dan selalu menyebabkan mata uang terdepresiasi. Untuk menghindari inflasi, Anda harus memiliki tabungan dengan tingkat bunga yang lebih tinggi dari tingkat inflasi.

Sayangnya, suku bunga tabungan saat ini masih relatif rendah, sehingga inflasi belum bisa dipuaskan. Untuk itu, diperlukan investasi sebagai salah satu cara agar investor terhindar dari dampak inflasi.

2. Meningkatkan Nilai Uang

Selain menghindari inflasi, berinvestasi juga bermanfaat dalam meningkatkan nilai uang. Jika Anda menabung di bank, nilai uang itu akan terus turun seiring dengan terjadinya inflasi. Sebaliknya, ketika Anda berinvestasi, nilai uang yang Anda miliki akan tetap stabil atau bahkan terus meningkat karena inflasi tidak mengikis.

Misalnya, ketika Anda berinvestasi emas, harga emas yang Anda beli sekarang akan jauh lebih murah daripada harga emas lima tahun mendatang. Sebaliknya, ketika Anda menjual emas yang Anda miliki, harganya akan jauh lebih mahal dari harga jual emas saat ini.

3. Dapatkan Efek Compounding

Dengan berinvestasi, Anda berkesempatan untuk melipatgandakan keuntungan menggunakan efek compounding, yaitu bunga berulang yang Anda dapatkan dari hasil investasi Anda sebelumnya dan Anda investasikan kembali hingga Anda mendapatkan bunga kembali.

Oleh karena itu, ketika Anda berinvestasi dan menghasilkan keuntungan, keuntungan itu akan menghasilkan efek pengganda jika Anda menginvestasikannya kembali. Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari penghasilan Anda sebelumnya.

Baca Juga : Jenis Investasi Yang Wajib Diketahui Pemula

4. Melatih Disiplin dan Tanggung Jawab

Dengan berinvestasi berarti Anda juga melakukan perencanaan keuangan, sehingga Anda perlu memikirkan kapan Anda harus berinvestasi dan kapan Anda harus menariknya untuk menikmati hasil investasi. Hal ini tentunya tidak bisa dilakukan hanya karena Anda membutuhkan strategi yang tepat dan tanggung jawab yang besar saat mengambil keputusan.

Wawasan dan pengetahuan tentang investasi inilah yang nantinya akan membangun karakter Anda dalam disiplin dan tanggung jawab dalam mengambil keputusan, baik yang berkaitan dengan kegiatan investasi atau tidak.

5. Mencapai Kebebasan Finansial

Manfaat investasi lain yang bisa Anda dapatkan adalah kemampuan untuk menyiapkan dana pensiun untuk memenuhi kebutuhan masa depan sekaligus membantu Anda terbebas dari beban keuangan saat ini, seperti biaya kesehatan, pernikahan, pendidikan anak, dan lainnya.

Dengan berinvestasi, Anda akan memiliki tabungan dan dana yang cukup untuk dapat memenuhi gaya hidup Anda dalam jangka panjang sehingga Anda tidak harus menanggung beban biaya hidup yang semakin meningkat.

Mengingat beban finansial yang akan terus bertambah dari waktu ke waktu, kebebasan finansial tentu menjadi hal penting yang harus dicapai agar Anda bisa terbebas dari berbagai beban dan risiko kerugian di masa depan dan Anda bisa menikmati hasil kerja keras Anda. di usia tua. Dengan cara ini, hidup Anda akan lebih mudah dan menyenangkan, bukan?

Baca Juga : 11 Investasi Dengan Modal Kecil

Kesimpulan 

Demikian penjelasan mengenai tujuan investasi dan beberapa keuntungan investasi yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan secara konsisten dan dalam jangka waktu yang lama.

© Forosla Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain